• Dok, sekitar 2 minggu ini telinga kiri saya terasa nyeri, namun nyerinya tidak terus-terusan, seperti numpang lewat saja. saya mencari-cari artikel mengenai penyebab nyeri ditelinga, dan ada karena gigi bungsu yang tumbuh. Gigi bungsu sebelah kiri sudah lama menunjukkan tanda-tanda akan tumbuh tapi belum juga muncul ke permukaan, bahkan sakitnya sampai sekarang sering kambuh, sakit jika terkena gigi rahang atas bahkan tidak bisa merapatkan gigi saya. tp dari penjelasan ini keluar cairan telinga setelah dikorek-korek, saya jg kadang mengorek telinga dg kuku dan sering memakai headset. lalu apa ya dok penyakit ditelinga saya ini?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Infeksi pada telinga bisa menyerang telinga luar hingga telinga dalam. Kebiasaan mengorek telinga biasanya dapat menyebabkan infeksi pada telinga luar dan kadang telinga tengah. Keluhan nyeri pada telinga akibat infeksi umumnya berlangsung terus menerus, namun pada infeksi telinga tengah keluhan nyeri bisa bertambah ataupun berkurang tergantung stadium atau perjalanan penyakitnya. Namun jika karena infeksi, keluhan tidak hanya itu saja tapi juga disertai keluhan demam, kadang terasa penuh di telinga, bisa disertai keluarnya cairan dari telinga, biasanya ada keluhan nyeri tekan di bagian depan ataupun bagian belakang telinga, bisa juga disertai keluhan penurunan pendengaran.

    Keluhan nyeri telinga juga memang bisa disebabkan karena tumbuhnya gigi geraham terakhir yang umumnya mendesak jaringan di sekitarnya sehingga menimbulkan bengkak pada gusi bahkan muncul infeksi. Jika memang keluhan seperti ini muncul maka ada baiknya diperiksakan secara langsung ke dokter gigi untuk memastikan apakah pertumbuhan gigi geraham terakhir tersebut masih dalam batas normal atau tidak. Karena jika tidak, maka biasanya harus dilakukan ekstraksi (pencabutan) gigi.

    Selain itu jika keluhan nyeri telinga dirasakan sangat mengganggu dan ataupun sering berulang, maka ada baiknya diperiksakan ke dokter spesialis THT agar bisa dilakukan pemeriksaan mulai dari liang telinga hingga ke saluran lebih dalam. Hal ini agar dapat ditentukan secara pasti adakah kelainan ataupun lesi yang muncul dari saluran telinga anda. Penentuan diagnosis yang cepat dan tepat sangat penting untuk perbaikan kondisi anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telinga Terkadang Terasa Nyeri

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.