• Sore dok.

    Saya Ichwan Rivaldi umur 22 thn, 11 minggu lalu saya menjalakan operasi tangan di karnakan tendon tangan , arteri , syaraf , tangan kiri saya putus terkena kaca.

    dan kondisi tangan sudah mulai bisa menggenggam dan diputer keliling, tetapi belum sanggup/berani menahan atau membawa benda berat dan ketika jari diluruskan terlihat jari kelingking tidak bisa lurus seperti jari lainnya.

    jari jari pun masih tidak dapat rapatkan dan renggangkan , jari kelingking, manis dan telapak bagian bawahnya masih terasa kesemutan. tepat di luka operasi tersebut kalau menggenggam masih terasa ada yang mengganjal.

     

    pertanyaan saya : 1 . apa kah jari jari akan normal

    2 . cara pememulihan yang baik seperti apa.

    3 . Mengkonsumsi apa aja yang baik untuk kesembuhan .

     

    Terima kasih.

     

    Ichwan Rivaldi

     

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    1.       Untuk memastikan apakah jari – jari anda akan kembali normal atau tidak sebenarnya tergantung dari beberapa hal mulai dari berat ringannya kerusakan yang terjadi, penanganan yang telah dilakukan hingga respon penyembuhan setelah terapi  yang diberikan. Oleh karena itu maka tiap pasien yang telah mendapatkan tindakan operatif memang disarankan untuk terus berkonsultasi dengan dokter yang menangani secara berkala agar bisa terkontrol dengan baik. Sayangnya saya tak melakukan pemeriksaan sendiri sehingga tidak bisa memastikan apakah jari – jari anda nantinya akan normal kembali ataukan akan menimbulkan gejala sisa.

    2.       Setelah dilakukan tindakan operatif, sebaiknya anda juga melakukan tindakan rehabilitasi medik pasca operasi. Untuk itu anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi (Sp.KFR) agar dapat memperoleh tindakan rehabilitasi yang paling tepat untuk memulihkan kembali fungsi organ tubuh anda.

    3.       Tidak ada makanan khusus yang perlu dikonsumsi. Namun pada prinsipnya makanlah makanan dengan gizi yang seimbang. Protein baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Begitu pun dengan zat gizi lainnya tetap dibutuhkan oleh tubuh namun dengan takaran yang seimbang.

    Untuk mendapatkan penjelasan secara lebih detail dan tepat tentang kondisi anda sebaiknya anda memeriksakan langsung kondisi anda ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Tendon Tangan, Arteri, Syaraf Putus Terkena Kaca

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.