• Assalamu’alaekum dokter sya punya keluhan suka ada lendir di tenggorokan, lendir yg berwarna putih,, kalau saya makan sesuatu yang dingin dan berminyak,lendirnya itu smkin banyak dok, sangat mengganggu di tenggorokan,, dan tenggorokan rasanya perih dok, apalagi di saat menelan makanan dok,terkadang bersuarapun perih dan suara saya serak dok,, :)

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus. Com.

    Adanya lendir pada tenggorokan merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh yang dihasilkan oleh mukosa saluran pernapasan anda saat menghadapi stimulus yang mengganggu keseimbangan tubuh di area tersebut. Salah satu penyebabnya adalah saat terjadi proses infeksi. Infeksi yang terjadi di saluran pernapasan baik akibat bakteri, virus ataupun mikroorganisme lainnya dapat menyebabkan beberapa keluhan. Infeksi pada faring bisa menyebabkan keluhan nyeri saat menelan seperti yang anda rasakan. Jika suara menjadi serak maka infeksi ini juga kemungkinan terjadi pada laring.

    Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab infeksi. Jika karena bakteri maka perlu pemberian obat antibiotik yang sesuai untuk mengeliminasi semua bakteri yang berkembang. Selain itu perlu pemberian obat simtomatik untuk mengurangi keluhan yang dirasakan seperti paracetamol untuk mengurangi keluhan nyeri menelan. Obat anti histamin juga bisa diberikan untuk mengurangi mediator peradangan yang menyebabkan keluhan peradangan dan produksi lendir yang berlebihan. Namun jika karena virus maka pemberian obat simptomatik cukup untuk mengatasi keluhan anda. Oleh karena itu perlu pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda sehingga pengobatan yang diberikan juga tepat. Perlu juga dijaga asupan makanan anda, hindari makanan yang pedas, gorengan dan lainnya yang merangsang produksi mukus/ lendir makin berlebihan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tenggorokan Berlendir

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.