• Dokter,

    Ayah saya tensinya 128/61,itu normal atau pre-hipertensi ya Dok? Karena yang saya lihat di tabelnya 120 lebih itu pre-hipertensi sedangkan diastolik yang 80 ke bawah itu normal, mana yang benar ya?

    Terima Kasih,

    Hormat Saya

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Pengukuran tekanan darah merupakan salah satu metode untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Berdasarkan JNC 7 tekanan darah seseorang dibedakan menjadi tekanan darah normal, pre hipertensi, hipertensi stage I dan hipertensi stage II. Pengukuran tekanan darah ini sebaiknya dilakukan dalam posisi duduk ataupun berbaring dan didasarkan atas dua kali pengukuran tekanan darah atau lebih. Berdasarkan JNC 7 tersebut diketahui bahwa tekanan darah normal adalah tekanan darah sistole sebesar <120 mmHg dan ataupun tekanan darah diastolik < 80 mmHg. Pre hipertensi dilihat dari tekanan darah sistole sebesar 120 – 139 mmHg dan ataupun tekanan darah diastolik 80 – 89 mmHg. Hipertensi stage 1 adalah tekanan darah sistole sebesar 140 – 159 mmHg dan ataupun tekanan darah diastolik 90 – 99 mmHg. Hipertensi stage 2 dilihat dari tekanan darah sistole sebesar ?160 mmHg dan ataupun tekanan darah diastolik ? 100 mmHg.

    Berdasarkan kriteria tersebut jika salah satu tekanan darah sistolik ataupun diastolik memenuhi salah satu kriteria di kategori tertentu maka otomatis sudah termasuk dalam kategori tersebut. Oleh karena itu tekanan darah yang dialami ayah anda berarti termasuk kategori pre hipertensi. Namun perlu diingat teknik yang dilakukan saat melakukan pemeriksaan tekanan darah. Teknik harus benar sehingga tidak terjadi kesalahan pengukuran. Ada baiknya pengukuran tekanan darah menggunakan tensimeter manual, bukan yang otomatis/ digital. Penggunaan tensimeter digital sangatlah sensitif, karena perubahan posisi ataupun perubahan gerakan sedikit saja bisa meningkatkan atau menurunkan tekanan darah beberapa mmHg.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tensi yang Membingungkan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.