• Saya oral seks dengan pasangan yang sehat tetapi sariawan setelah dua hari saya merasa gak enak badan. Apakah saya tertular HIV.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Anda tidak bisa menentukan apakah anda terinfeksi HIV atau tidak hanya dengan menggantukan dari gejala saja. Satu – satunya cara untuk mengetahui apakah anda terinfeksi HIV hanya dengan melakukan tes laboratorium. Anda perlu mendatangi layanan kesehatan baik klinik atau Rumah Sakit untuk melakukan skrining HIV.

    Gejala terinfeksi virus HIV sangat banyak. Pada tahap awal bahkan tidak ada gejala sama sekali. Butuh waktu mulai dari berminggu – minggu hingga bertahun –tahun sejak infeksi agar virus bisa tumbuh dan berkembang biak hingga menimbulkan gejala.

    Gejala HIV pun berbeda – beda tergantung dari faktor individual dan pada tahap apa penyakit tersebut telah berkembang:

    1. Tahap awal. Gejala yang muncul mulai dari 2-4 minggu sejak infeksi dengan gejala klinis mirip dengan flu, seperti :demam, menggigil, keluar ruam kulit, keringat malam, nyeri sendi, nyeri tenggorokan, lemah, pembengkakan kelenjar getah bening, sariawan di mulut.
    2. Fase klinis laten: selama fase ini, HIV tetap aktif namun berkembang biak dengan lambagt. Pasien dengan infeksi kronis bisa tidak menunjukkan gejala atau menunjukkan gejala ringan.
    3. Tahap akhir infeksi HIV (AIDS). Jika anda terinfeksi HIV namun tidak mengkonsumsi obat anti virus, maka sistem imun tubuh akan melemah sehingga berkembang menjadi AIDS dan menimbulkan gejala berupa : berat badan turun; demam berulang; badan sangat lemah; pembengkakan KGB di ketiak, leher, lipat paha; diare berminggu – minggu; ulkus pada mulut, anus dan genital, infeksi paru, penurunan kesadaran dan lain sebagainya.

    Tidak semua individu akan mengalami gejala – gejala yang ada. Sehingga alangkah baiknya untuk memeriksakan diri secara langsung ke dokter, terutama bagi anda dengan faktor resiko tinggi seperti pemakai narkoba, hubungan seks bebas, dan lain sebagainya.

    Lebih lanjut silahkan baca: Gejala terkena HIV

    Sekian jawaban dari saya , semoga dapat membantu.

     

     

     

    Tetapi saya melakukannya bukan dengan psk tetapitetapi pasangan yang sehat dan baru pertama kali

Beranda Tanya Dokter Ingin Tahu Tertular HIV atau Tidak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.