• Permisi dok … saya mau tanya , saya berumur 17 tahun , pada masa pubertas ini memang semua orang yang pubertas itu yang laki laki suara nya akan lebih nge – bass , atau rendah sekali , nah hobi saya kan nyanyi dok dari waktu sebelum puber saya bisa nada yang tinggi , tapi sekarang sudah sulit sekali untuk mencoba nada tinggi dari pita suara saya … , saya lihat2 di internet dan kata teman saya yang menjadi penyanyi , katanya nanti setelah masa pubertas apakah benar , suara saya akan menjadi lebih bagus , atau akan tetap di suara nada rendah tersebut di pita suaranya ? dan kapan masa pubertas akan selese ? makasih :D

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Masa pubertas merupakan masa dimana tubuh seorang anak baik laki – laki maupun perempuan berkembang dan mengalami perubahan menjadi dewasa. Pada wanita biasanya mulai dari perkembangan payudara dan menstruasi sedangkan pada anak laki – laki mulai dari perkembangan suara menjadi lebih rendah dan berat serta perubahan struktur wajah menjadi tampak lebih dewasa. Jika rata – rata masa pubertas berawal dari usia 11 tahun pada wanita, maka pada pria biasanya mulai dari usia 12 tahun. Namun sebenarnya ini tak sama antara individu satu dengan lainnya, maka tak perlu khawatir jika seorang anak memulai masa pubertas sebelum atau sesudah teman – temannya. Normalnya masa pubertas diawali sekitar usia 8 hingga 14 tahun dan berlangsung sekitar 4 tahunan sejak awal mulai.

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk anak laki – laki memang terjadi perubahan suara menjadi lebih rendah dan berat dari saat usia prepubertas. Misalnya jika biasanya seorang anak laki – laki mampu menyanyi dan mencapai nada tinggi hingga 3 oktaf maka akan menurun hingga 2 oktaf. Namun sebenarnya agar perubahannya tak terlalu jauh maka bagi penyanyi disarankan untuk melatih terus range vokal nya agar tak terlalu jauh berbeda. Anda bisa berkonsultasi dengan guru vokal agar mendapat program pelatihan yang baik.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tentang Masa Pubertas

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.