• Dok bagaimana jika obat Mata masuk ke telinga berbahaya atau tidak dan tindak lanjut nya seperti apa dok? saya salah masukin obat mata malah masuk ke telinga, nama obat mata nya OPHTHALGON bagaimana tindak lanjut nya dan berbahaya atau tidak? mohon jawabannya dok terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Obat tetes mata merupakan obat topikal yang bersifat steril yang digunakan untuk gangguan – gangguan pada bagian mata. Kandungan obat tetes mata beraneka ragam mulai dari antibiotik, obat anti inflamasi (anti radang), cairan yang menyerupai air mata, pelumas dan lain sebagainya. Sayangnya penggunaan obat ini seringkali disalah gunakan oleh pasien. Pasien yang mengeluh mata merah dan lain sebagainya kerap kali langsung menggunakan obat mata untuk mengatasi keluhan. Padahal kandungan obat mata beraneka ragam dan tidak semua cocok dan sesuai untuk kondisi pasien. Ophtalgon sendiri merupakan obat tetes mata yang mengandung gliserin yang berfungsi sebagai larutan pelumas dan irigasi mata.

    Kesalahan penetesan obat tetes mata ke telinga jika tidak berkepanjangan sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah karena sifat larutan obat mata yang bersifat steril. Namun obat tetes telinga yang ditetes ke mata yang biasanya langsung menimbulkan keluhan pada pasien karena obat tetes telinga tidak bersifat steril. Meskipun tidak terlalu menjadi masalah saat obat mata ditetes ke telinga namun tetap perlu kewaspadaan bagi para pasien saat menggunakan obat dan sebaiknya sebelum menggunakan obat topikal, alangkah baiknya konsultasi dulu dengan dokter untuk menentukan diagnosis keluhan yang anda alami. Hal ini perlu untuk menghindari kesalahan pengobatan dan efek samping obat yang tidak diharapkan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Obat Tetes Mata yang Cocok untuk Anda

    Obat Tetes Mata yang Cocok untuk Anda

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tentang Obat Mata Masuk Ketelinga

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.