• assalamualaikun,, pak dokter mau tanya, saya sudah menderita albuminuria selama 4 bulan,, albuminuria saya sembuh terus kambuh lagi itu penyebabnya apa dokter?? sekarang albuminuria saya kambuh lagi dokter,, cara mengobatinya bagaimana? makasih dokter

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Albumin merupakan salah satu protein dalam tubuh kita. Albumin yang keluar lewat urin disebut juga albuminuria. Ada beberapa penyebab terdapatnya albumin dalam urin yaitu antara lain:

    1. Penyakit nefropati diabetik. Penyakit ginjal ini timbul sebagai komplikasi dari penyakit diabetes melitus (kencing manis). Akibat kencing manis, membuat terjadi kerusakan fungsi ginjal sehingga kerja ginjal terganggu. Protein albumin seharusnya diserap kembali oleh ginjal untuk masuk ke dalam tubuh. Namun saat fungsi ginjal terganggu maka albumin tersebut tidak bisa di reabsorpsi dan akhirnya keluar lewat urine.
    2. Penyakit tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan gangguan ginjal
    3. Sindrom metabolik. Merupakan kumpulan beberapa penyakit mulai dari obesitas, tekanan darah tinggi, dislipidemia (gangguan kadar kolesterol dalam darah) dan masih banyak lagi.
    4. Penyakit gagal jantung kongestif
    5. Sindrom nefrotik. Penyakit autoimun ini juga bisa menyebabkan keluhan albuminuria.
    6. Dan masih banyak lagi

    Harus dicari tahu terlebih dahulu penyebab keluhan albuminuria yang terjadi baru dapat ditentukan langkah yang paling tepat untuk mengatasi keluhan tersebut. Oleh karena itu konsultasi lah secara langsung ke dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang sesuai dan dapat ditegakkan diagnosis penyakitnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tentang Penyakit Albuminuria

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.