• Dok selama ini dari saya sd sampai kuliah ini saya divonis penyakit maag oleh dokter katanya sudah kronis dulu setiap bulan pasti dirumah sakit kambuh selalu,  waktu saya smp ada benjolan di leher kemudian saya pergi ke dr spesialis dalam alhamdulilah sembuh, namun pada bagian dada dan perut masih sering sakit, kemudian tahun 2014 saya kembali  opname karena terkena wasir dalam, jadi setiap BAB keluar darah sampai sekarang setelah mengkonsumsi obat cina alhamdulilah terkadang tidak keluar darah, tapi klu tidak mengkonsumsi keluar darah lagi, saya lelah dok minum obat terus, dan minggu minggu ini saya mengalami dada nyeri, kemudian setiap kali makan, rasanya ditenggorokan seperti ada yang mengganjal, bagian punggung gg kiri sering sekali sakit, terkadang saya pusing sempoyongan tiba2 semua gelap dok, kemudian klu sudah duduk alhamdulilah bisa terang kembali dan pusing hilang dok, saya baca di artikel2 seperti gejala gerd tapi saya mau kedokter langsung yang spesialis lambung dan pencernaan bukan penyakit dalam ada gak dok, saya takut minum obat terus dok, mohon bantuannya ya dok saya harus bagaimana dan saran dokter yang baik untuk menangani penyakit seperti itu dokter siapa dok untuk area jawa tengah dan DIY. Terimakasih dok

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Dari riwayat penyakit yang anda sampaikan sebenarnya anda memiliki beberapa kemungkinan penyebab keluhan yang bisa saling berkaitan penyebabnya. Keluhan Gastro eosofageal reflux disease (GERD) memiliki keluhan yang beraneka ragam, umumnya berupa rasa nyeri di ulu hati yang menjalar hingga ke dada dan kerongkongan. Kadang disertai dengan perut terasa kembung, sendawa berlebihan dan lain sebagainya. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal antara lain sakit maag yang dialami sejak lama, kebiasaan makan yang kurang teratur, interval makan yang terlalu lama, makan makanan sekaligus dalam jumlah banyak dan lain sebagainya. Untuk itu selain dengan pemberian obat – obatan, ada baiknya anda menjaga pola hidup anda dengan mengontrol asupan makanan anda, usahakan makan dalam porsi kecil namun sesering mungkin, dan lain sebagainya.

    Jika keluhan ini seringkali terjadi dan sangat mengganggu sebaiknya memang diperiksakan secara langsung ke dokter, terutama dokter spesialis penyakit dalam. Dokter SpPD sendiri memiliki banyak subspesialis. Jika memang anda ingin ke subspesialis bisa dicari yang menjadi konsultan gastroenterologi di kota anda. Namun sebenarnya ke dokter Spesialis penyakit dalam biasa juga tidak bermasalah. Mohon maaf saya tidak bisa menyebutkan nama salah satu dokter. Silakan anda periksakan ke dokter yang membuat anda merasa nyaman.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tentang Penyakit GERD

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.