• Dok, saya wanita dan punya gejala penyakit hernia. Kadang muncul dan hilang, pada saat muncul terkadang berwarna merah dan nyeri tanpa rasa mual. Itu apakah sudah berbahaya, tindakan apa yang harus saya lakukan?.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Hernia merupakan suatu penonjolan organ atau isi suatu rongga karena lemahnya dinding dari rongga tersebut. Isi rongga tersebut biasanya berupa usus yang menonjol ke lipat paha inguinal ataupun femoralis. Hernia ada beberapa tahap, ada yang bisa keluar masuk (reponibel) atau yang tak bisa keluar masuk sama sekali (ireponibel). Ada beberapa faktor resiko penyebab hernia antara lain : akibat kebiasaan angkat beban yang terlalu berat , batuk – batuk kronis / lama, akibat sering mengedan pada saat buang air besar, kehamilan, kelainan kongenital (bawaan lahir), usia tua, dan lain sebagainya.

    Hernia juga bisa menjadi hernia inkarserata atau strangulata jika isi rongga atau kantong terperangkap dan tidak dapat kembali ke dalam rongga perut isinya karena terjepit oleh cincin hernia itu sendiri. Hal ini mengakibatkan terjadinya gangguan pasase atau vaskularisasi/ perdarahan sehingga menimbulkan gangguan berupa kemerahan, nyeri, bahkan bisa nekrosis dan lain sebagainya. Jika memang seperti itu maka sebaiknya dilakukan tindakan operatif.

    Untuk memastikan keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter sehingga bisa dipastikan diagnosisnya, tingkat keparahannya dan penentuan terapi yang tepat sesuai dengan kondisi yang anda alami. Oleh karena itu silakan konsultasi secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyakit Hernia Hilang Timbul

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.