• Pagi dok. Saya mau bertanya. Keluhan saya. Akhir2 ini saya sering buang air kecil. 1 hari sampek nggak bisa di hitung karna keseringan ke kamar mandi, ketika BAK rasanya sakit tapi tidak keluar darah,terkadang perut bagian bawah sakit dok. jika keluar dari toilet rasanya air kemih saya blom semuanya keluar, itu knpa ya dok, mohon di jawab dok????

    Selamat Pagi

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bolak balik kencing seringkali menyiksa pasien yang mengalaminya apalagi jika masih terasa anyang – anyangan atau seperti tak lampias sehabis buang air kecil. Ada beberapa kemungkinan penyebab buang air kecil yang berulang dan anyang – anyangan, antara lain:

    • Akibat Infeksi saluran kemih (ISK). ISK biasanya merupakan penyebab tersering keluhan sering berkemih. Penyakit ini memiliki gejala klinis berupa rasa nyeri di perut bagian bawah (tepatnya di atas kemaluan/ bagian suprapubik) terutama saat dilakukan penekanan, sering bolak balik buang air kecil, terasa anyang – anyangan atau rasa tidak puas sehabis kencing, dan seringkali disertai dengan demam. ISK bisa dicetuskan oleh beberapa hal misalnya akibat sering BAK di toilet umum yang tak terjaga kebersihannya, kebiasaan membasuh vagina yang salah, misalnya membasuh dari arah anus ke vagina. Padahal seharusnya yang benar adalah membasuh dari arah vagina ke anus. Selain itu juga bisa akibat penyakit menular seksual.
    • Batu saluran kemih (urolithiasis), misalnya ada batu di uretra ataupun di kandung kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri di perut bagian bawah.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda, sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa ditentukan diagnosis pastinya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Terasa Nyeri Saat Buang Air Kecil

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.