• halo dok…

    mau tanya, saya masih bingung dg perhitungan usia kehamilan kenapa menghitungnya di mulai dr hpht ya dok ?

    apakah saat hpht sudah terjadi pembuahan dok ? Jd sebelum haid itu sudah jadi atau jadinya setelah haid ya dok ? Terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Proses konsepsi atau pembuahan terjadi pada saat terjadinya ovulasi atau diasumsikan pada hari ke 14 dari siklus menstruasi pada wanita dengan siklus haid  yang normal dan teratur yaitu 28 hari. Penghitungan usia kehamilan sendiri ada beberapa metode, salah satu yang paling sering digunakan adalah menghitung usia kehamilan dari HPHT atau hari pertama haid terakhir. Berdasarkan perhitungan ini, diketahui bahwa kehamilan normal berlangsung selama kurang lebih 280 hari sejak hari pertama haid terakhir. Perhitungan ini dilakukan hanya untuk membantu memperkirakan usia kehamilan. Namun pembuahan tetap terjadi pasca haid tersebut.

    Ada beberapa alasan pentingnya menghitung usia kehamilan salah satunya adalah untuk mengetahui apakah perkembangan dan pertumbuhan janin sesuai atau tidak dengan usia kehamilan ibu. Selain itu agar ibu juga dapat menghindari hal – hal yang tak boleh dikonsumsi dan dilakukan sesuai dengan usia kehamilannya serta dapat menjalankan hal – hal yang baik sesuai kebutuhan janin yang dikandungnya.

    Selain dengan cara konvensional tersebut, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengukur ukuran perut ibu hamil dan yang lebih tepat adalah dengan melakukan pemeriksaan USG kehamilan oleh dokter.

    Silakan buka link berikut untuk membaca artikel terkait pertanyaan anda:

    Yuk, Belajar Menghitung Usia Kehamilan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Perhitungan Usia Kehamilan Kenapa dari HPHT?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.