• dokter, saya mau tanya berapa lama sih waktu pemberian suntik vaksin dari terkenanya paku

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pasien yang mengalami kecelakaan dengan luka yang beresiko mengalami tetanus merupakan salah satu kondisi yang mengindikasikan pemberian vaksin tetanus. Syarat luka yang terindikasi mendapatkan vaksin tetanus adalah sebagai berikut :

    1.       Patah tulang (fraktur) terbuka

    2.       Luka gigitan binatang

    3.       Luka tusuk dalam, atau luka tertancap benda asing misal paku, kayu, dan lainnya

    4.       Luka yang mengalami kerusakan jaringan hebat (misalnya luka memar dan luka bakar)

    5.       Luka yang terkontaminasi dengan tanah, debu atau kotoran lainnya

    6.       Dan lainnya

    Imunisasi tetanus terdiri dari imunisasi aktif berupa pemberian vaksin tetanus toksoid (TT) dan imunisasi pasif yaitu pemberian anti tetanus serum (ATS). Pemberian TT sebagai imunisasi dasar dengan dosis 0,5 cc secara intramuskular sebanyak 1 x tiap bulannya selama 3 bulan berturut – turut, yang diikuti dengan pemberian booster 10 tahun kemudian setelah suntikan ketiga imunisasi dasar dan booster selanjutnya tiap 10 tahun setelah pmberian booster di atas. Tiap pasien luka harus mendapat tetanus toksoid pada saat cedera, baik sebagai imunisasi dasar maupun sebagai booster, kecuali bila pasien telah memperoleh booster atau menyelesaikan imunisasi dasar dalam 5 tahun terakhir. Sebaiknya TT diberikan segera setelah terjadi luka.

    Sedangkan untuk pemberian ATS sebagai imunisasi pasif tergantung dari sifat luka, kondisi penderita, dan status imunisasi dari si pasien itu sendiri. ATS diindikasikan pada luka yang kotor (berapa pun kedalamannya) serta pada pasien yang sudah terdiagnosis menderita tetanus dan saat ini sedang menjalani pengobatan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

Beranda Tanya Dokter Suntik Tetanus Setelah Terkena Paku

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.