• Saya 22 th tinggi 156 brat bdan 50 kg, saya mengalami terlambat datang bulan sejak saya masih sekolah, tp setelah lulus sekolah saya lancar haid. Dan setelah saya menikah sekitar 5 bulan haid masih lancar, namun setelah itu kembali tidak lancar, dengan diawali telat haid 3 minggu dan tiba” keluar darah dengan ukuran cukup besar. Sejak saat itu saya sering tetlambat haid hingga 4 bulan sekali. Kira” apa itu karna setres? apa berbahaya? Terimakasih

    Selamat malam,

    Telat haid atau datang bulan sering terlambat memang banyak penyebabnya. Menyimak dari keluhan-keluhan yang anda sampaikan dan dengan memperhatikan indeks massa tubuh, maka dapat disimpulkan bahwa berat badan Anda termasuk ideal artinya tidak terlalu gemuk ataupun terlalu kurus, karena kedua kondisi ini juga bisa menjadi penyebab terlambat menstruasi.

    Dengan demikian ada beberapa penyebab telatnya haid yang yang mungkin  sesuai dengan kondisi anda.

    Stress

    Ini memang suatu kondisi yang sering menyebabkan masalah pada menstruasi, baik itu terlambat menstruasi atau pun menstruasi yang terlalu sering. Hal ini terjadi karena stress dapat mempengaruhi keseimbangan hormon tubuh yang ujung-ujungnya mengacaukan siklus menstruasi dan tidak hanya itu tetapi kesehatan tubuh secara umum juga dipengaruhi. Jika memang ini merupakan masalah yang anda alami, maka cobalah untuk menenangkan diri Anda misalnya dengan melakukan olahraga, kegiatan-kegiatan positif ataupun beribadah dengan khusuk.

    PCOS

    Kepanjangannya adalah polycystic ovary syndrome dimana tubuh wanita terlalu banyak menghasilkan hormon androgen yang sejatinya adalah hormon pria. Gejala utama PCOS adalah menstruasi yang tidak teratur termasuk telat haid dan juga ditandai dengan banyaknya bulu bulu yang tumbuh pada tubuh misalnya kumis tipis pada wanita, munculnya jerawat, dan kebotakan. Pada pemeriksaan yang lebih lanjut bisa ditemukan adanya kista di ovarium.

    Penyakit kronis

    Adanya penyakit kronis baik yang disebabkan oleh infeksi ataupun penyakit degeneratif misalnya diabetes melitus semuanya bisa menyebabkan masalah pada menstruasi, termasuk sering terlambat haid. Jika yang terjadi adalah infeksi kronis, maka biasanya menimbulkan gejala berupa demam baik ringan maupun demam tinggi yang tentunya berlangsung lama.

    Memang diperlukan pemeriksaan yang lebih lanjut untuk dapat memastikan Apa penyebab telat haid yang anda alami. Dengan demikian sangat penting untuk melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter, khususnya dokter spesialis kandungan.

    Terapkanlah pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, banyak minum air putih, istirahat yang cukup, hindari asap rokok, berolahraga dan mengelola stress.

    Sekian jawaban dari kami semoga bermanfaat.

    terimakasih dok. ada lagi pertanyaan sya.saya pernah periksa dokter spsialis katanya rahim saya sempit, apa mungkin? dan juga dlm mingg ini saya mengalami nyeri perut bawah kiri, sekitar 3 kali 1 minggu, apa itu juga efek karna terlambat haid? Ada kemungkinan kan saya hamil? sebelumnya saya minta maaf jika bnyak bertanya dan saya ucapkan banyak terimakasih atas jawabannya.

Beranda Tanya Dokter Sering Terlambat Datang Bulan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.