• Dear Dokter,

    Perkenalkan, saya nufa, saya ingin menanyakan, saya baru sekali ini mengalami telat datang bulan, sebelumnya selalu rutin dan lancar. Sebelumnya saya memang agak setres karena pekerjaan. Terakhir saya menstruasi di tgl 29 desember 2015. Kalo hitungan normalnya seharusnya saya akhir januari kemarin sudah menstruasi. Tapi sampai hari ini saya belum menstruasi. Pertanyaan saya apakah saya perlu segera memeriksakan diri saya ke dokter? Dan apakah bener jika stress dapat menyebabkan terlambat menstruasi?

    Apakah bisa diprediksi berapa lama waktu keterlambatan datang bulan dapat dikatakan normal?

    Mohon informaainya dok, karena saya merasa ketakutan sampai hari ini belum menstruasi.

    Demikan Pertanyaan saya.

    Salam,

    Nufa

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan terlambat menstruasi sering kali dialami oleh beberapa wanita dan umumnya membuat individu yang mengalaminya menjadi khawatir. Terlambat menstruasi sendiri bisa disebabkan karena beberapa hal mulai dari masalah ringan hingga akibat penyakit tertentu. Penyebabnya bisa karena:

    1. Aktivitas yang terlalu berlebihan. Banyaknya kegiatan seringkali menimbulkan kelelahan fisik dan mempengaruhi keseimbangan hormonal, pada beberapa wanita dapat muncul keluhan terlambat haid akibat terlalu memforsir diri untuk menghadapi pekerjaan.
    2. Stress seringkali menimbulkan keluhan terlambat haid, baik karena stress di pekerjaan, masalah rumah tangga, ataupun masalah sehari – hari lainnya.
    3. Diet yang kurang sehat. Beberapa wanita sering menjalani program penurunan berat badan yang tak seimbang. Asupan makanan yang kurang dari segi kualitas dan kuantitas membuat terjadi gangguan pada siklus menstruasinya.
    4. Adanya penyakit pada sistem reproduksi, misal tumor, kista, ataupun infeksi pada organ – organ tersebut.
    5. Dan lain sebagainya

    Jika terlambat haid masih berlangsung singkat kurang dari 3 bulan maka anda belum terlalu perlu untuk langsung berobat ke dokter, anda bisa mengobservasi terlebih dahulu keadaan tersebut dalam 1 atau 2 siklus ke depan. Namun jika terlambat haid berlangsung lebih dari 3 bulan, ada baiknya dikonsultasikan langsung ke dokter untuk mendapat terapi yang sesuai. Ada baiknya sambil melakukan observasi keterlambatan haid anda, bisa sambil menjaga pola hidup sehari – hari dengan memakan makanan yang bergizi, memberikan waktu untuk tubuh supaya bisa beristirahat dengan baik, rilekskan pikiran anda dan olahraga yang teratur.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Terlambat Datang Bulan Akibat Stress?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.