• Dok, saya mau tanya. menstruasi terakhir saya tanggal 17-21 desember 2015 yang lalu, saya sudah coba Test Pack dan hasilnya positif, kira² berapa usia kandungan saya saat ini? lalu saat saya minum air putih seketika langsung mual dan muntah. saat makan makanan tertentu juga begitu. bagaimana solusinya dok ? saya takut karna keterbatasan makanan yang saya konsumsi dapat membahayakan janin yang saya kandung.
    dan juga saya punya riwayat penyakit asma, apakah nanti akan berpengaruh saat proses melahirkan kelak?
    mohon penjelasannya. terima kasih

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Jika saat ini anda sedang hamil dan hari pertama haid terakhir adalah tanggal 17 Desember 2015, maka taksiran usia kehamilan anda saat ini sekitar 8 – 9 minggu. Ibu hamil yang usia kandungannya berada di minggu – minggu awal kehamilan atau sekitar trimester pertama memang cenderung mengalami keluhan mual dan ataupun muntah sebagai akibat perubahan hormonal yang terjadi selama hamil. Ketidakseimbangan hormonal ini sering dikaitkan dengan kadar hormon HcG yang meningkat pada ibu hamil. Untuk itu jika anda mengeluh mual saat minum air putih maka disarankan agar konsumsi air sedikit – sedikit namun sering. Jangan minum terlalu banyak dalam waktu singkat. Air hangat bisa membantu mengurangi rasa mual. Jika anda masih mual maka bisa dibantu konsumsi minuman manis seperti teh hangat, susu hangat dan lain sebagainya. Begitu pun dengan makanan sering mencetuskan rasa mual. Oleh karena itu ada baiknya agar ibu hamil tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu kuat dari segi bau maupun rasa jika memang akan merangsang rasa mual. Konsumsi makanan juga sebaiknya sedikit – sedikit namun sering. Jika keluhan mual sangat hebat ada baiknya anda berkonsultasi secara langsung ke dokter agar dapat diberi obat antimual yang aman untuk ibu hamil. Selain itu konsumsi suplemen yang mengandung B6 juga berperan untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

    Riwayat asma tak menjadi masalah selama kehamilan dan atau persalinan selama asma terkontrol. Oleh karena itu ada baiknya anda menghindari faktor pencetus kambuhnya asma, misal dengan menghindari debu, bulu binatang, udara dingin dan lain sebagainya. Ibu hamil juga baiknya melakukan olahraga misalnya jalan sehat saat subuh atau saat udara masih segar dan tak ada polusi. Hal ini penting untuk menjaga pernafasan anda dan membantu menurunkan frekuensi serangan asma.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tes Kehamilan Positif Tetapi Memiliki Asma

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.