• Selamat malam. saya fiko, saya ingin bertanya. hidung sebelah saya tersumbat, kadang kiri kadang kanan dan telinga saya pendengaran berkurang. apa penyebabnya? makasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan hidung tersumbat, kadang kiri kadang kanan bisa disebabkan karena banyak. Umumnya terjadi akibat infeksi saluran napas atas, misalnya rhinitis. Rhinitis adalah penyakit peradangan pada rongga hidung yang bisa disebabkan karena banyak hal, misal akibat faktor alergi, obat – obatan, infeksi baik bakteri, virus, jamur ataupun karena sebab lainnya. Rhinitis memiliki gejala berupa pilek, hidung tersumbat baik kiri maupun kanan ataupun keduanya, kadang disertai demam dan lain sebagainya.

    Infeksi pada saluran napas atas ataupun rhinitis yang berlangsung terus menerus sering menyebabkan keluhan telinga ikut tersumbat dan menyebabkan penurunan pendengaran. Hal ini disebabkan karena saluran hidung, telinga hingga tenggorokan saling berhubungan satu dengan lainnya. Gangguan keseimbangan tekanan antara hidung dan telinga ini jika terjadi terus menerus ditambah adanya mikroorganisme yang berkembang hebat maka bisa menyebabkan terjadinya infeksi di telinga atau disebut juga dengan otitis. Infeksi di telinga bisa terjadi pada telinga luar, tengah ataupun telinga dalam, namun yang tersering diakibatkan oleh infeksi saluran napas adalah otitis media (infeksi telinga tengah).

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan sehingga bisa tegak diagnosis penyakitnya serta dapat ditentukan terapi yang paling tepat.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    makasih

    jika dibarengi dengan keluarnya lendir terus menerus?

Beranda Tanya Dokter Hidung Tersumbat Pendengaran Berkurang

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.