• Hallo dok,saya mau tanya,kenapa saya belum haid lagi ya? TB saya 163 cm BB saya 82 kg,saya sudah 3.5 bulan selalu rutin olahraga aerobik 1 minggu bisa 3-2 kali aerobik.tp kenapa ya bb saya tdk berkurang,namun postur badan mengecil dan haid saya juga belum datang,kenapa ya dok?

    Selamat Pagi.
    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.
    Keluhan terlambat menstruasi sering sekali dialami. Ada yang mengalami dalam waktu singkat mulai dari beberapa hari hingga beberapa minggu namun juga ada yang lama. Keluhan terlambat haid bisa disebabkan oleh banyak hal. Jika keluhan haid berlangsung kurang dari 3 bulan maka sebenarnya anda bisa mengobservasi dulu keadaan tersebut karena seringnya dengan menjaga asupan makanan, rilekskan pikiran, istirahat yang cukup, berolahraga teratur serta menjaga pola hidup sehat maka haid bisa kembali datang dan berangsur – angsur siklus haid menjadi normal kembali.
    Jika keluhan mens berlangsung lebih dari 3 bulan maka disebut dengan istilah amenore. Penyebab amenore sendiri sangat banyak. Bisa saja bukan karena masalah kesehatan namun juga bisa disebablam karena penyakit tertentu. Berikut kemungkinan penyebab terlambat menstruasi yaitu antara lain:
    1. Kegemukan. Seseorang dengan Berat Badan yang sangat gemuk sering mengalami gangguan menstruasi. Bisa saja hal ini yang menjadi salah faktor resiko keluhan anda. Karena berdasarkan berat badan dan tinggi anda, maka termasuk obesitas.
    2. Akibat diet yang terlalu ketat sehingga nutrisi yang masuk menjadi tak seimbang.
    3. Akibat penggunaan KB hormonal, terutama KB 3 bulan.
    4. Penyakit organ reproduksi, misal tumor, infeksi dan lain sebagainya.
    5. Gravidarum atau wanita yang sedang mengandung.
    6. Penyebab lainnya
    Untuk memastikan penyebab terlambat mens harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Pemberian obat yang tak tepat sesuai dengan penyebab malah dapat menyebabkan resiko yang tak diinginkan. Namun ada baiknya anda berusaha menurunkan berat badan anda dengan cara membatasi asupan makanan anda namun tetap melakukan program diet yang sehat serta lakukan olahraga yang teratur. Olahrga yang dilakukan tanpa disertai pengaturan makanan memang tidak bisa menurunkan berat badan seperti yang diharapkan. Harus ada kombinasi keduanya. Silakan konsultasi dengan dokter secara langsung untuk mendapatkan penjelasan lebih detail tentang program penurunan berat badan.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Berat Badan Lebih dan Tidak Haid

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.