• Dok saya pelajar kls 1 smk umur 16, saya sudah tdk haid sejak klas 9 smp, saya juga termasuk obesitas, tinggi saya 160 dan berat 83, apa karna obesitas saya dok ??? Apakah nanti juga mengganggu prosses kehamilan ???

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Terlambat haid sering sekali menjadi masalah yang dialami oleh beberapa wanita. Sebagai informasi, periode haid normal umumnya berlangsung antara 21 hingga 35 hari sehingga tiap bulan wanita pasti akan mengalami siklus menstruasi. Jika terlambat haid berlangsung lebih dari 3 bulan maka disebut sebagai amenorea. Amenore terdiri dari dua keadaan yaitu amenore primer dan sekunder. Amenore primer adalah keadaan dimana wanita usia 16 tahun ke atas belum pernah mengalami haid sama sekali. Amenore sekunder adalah keadaan dimana seorang wanita yang sebelumnya menjalani siklus haid seperti biasa kemudian mengalami keterlambatan menstruasi selama lebih dari 3 bulan.

    Keluhan haid yang tak teratur atau tidak datang tiap bulannya bisa disebabkan oleh berbagai macam hal yaitu antara lain:

    1. Wanita yang baru mengalami haid kurang lebih 1 hingga 2 tahun terakhir masih sering mengalami terlambat haid karena hormon masih belum stabil.
    2. Faktor stress dapat menyebabkan gangguan siklus mens.
    3. Asupan nutrisi kurang atau berat badan yang sangat rendah, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.
    4. Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens
    5. Sindrom polikistik ovarium. Kista menyebabkan ketidakseimbangan hormonal
    6. KB hormonal terutama KB 3 bulan
    7. Penyebab lainnya

    Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang untuk membantu menegakkan diagnosis keluhan anda. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tidak Haid 15 Bulan, Karena Obesitas?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.