• Dok, saya wanita umur 20 tahun. saya sudah hampir masuk 2 bulan tidak mendapatkan menstruasi, tanda2 akan mendapatkan mens jg tidak terlihat. saya mulai cemas terkadang teman saya mengatakan kecemasan saya sering berlebihan. kecemasan itu bertambah semenjak saya melakukan hubungan seksual dengan pacar saya untuk pertama kali dihidup saya dia jg memakai pengaman (kondom), saat melakukan hubungan itu penis pacar saya tidak masuk ke dalam vagina, hanya bersentuhan saja tetapi saat pacar saya sudah mencapai klimaksnya kondomnya terlepas dan air maninya sedikit menyentuh bagian vagina saya, dan langsung saya bersihkan dengan air bersih. saya sering mengalami keluhan menstruasi, contohnya saja tanggal menstruasi sering berpindah-pindah tidak menentu misalnya bulan januari menstruasi di tanggal 1 bulan februari tanggal 3 maret tanggal 25 dan seterusnya, saya jg sering sekali stress ringan seperti terlalu banyak fikiran dan terlalu banyak aktivitas diluar rumah dari pagi hingga sore hari. Sudah 2 bulan ini juga saya sering tidur malam, jarang berolahraga, jarang makan buah-buahan. dan kesalahan fatal saya saat menstruasi yaitu tidak menandai kalender  menstruasi sehingga saya sering menebak tanggal brp saya akan mens. Jadi, pertanyaan saya apakah bisa hamil dengan mani sedikit yg hanya menyentuh dibagian luar vagina ? dan bagaimana cara saya agar saya bisa mendapatkan menstruasi secepatnya ? Mohon saran nya dok. Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Siklus haid normal berlangsung antara 3 hingga 7 hari dengan jumlah darah yang keluar sekitar 40 – 60 ml tiap harinya. Periode haid normal biasanya berlangsung antara 21 hari hingga 35 hari. Jika anda mengalami keluhan terlambat haid maka harus dipastikan terlebih dahulu apa saja kemungkinan penyebabnya dengan melakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai sehingga diagnosis bisa ditegakkan. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan terlambat haid yaitu antara lain:

    1. Ketidakseimbangan hormonal karena stress, kegemukan atau obesitas, aktivitas fisik yang berlebihan, berat badan kurang, asupan makanan yang kurang (misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.)
    2. Akibat penggunaan KB hormonal
    3. Wanita yang sedang hamil
    4. Penyakit di organ reproduksi misal kista ataupun tumor di rahim, indung telur dan lain sebagainya.
    5. Dan lain sebagainya

    Untuk memastikan anda hamil atau tidak perlu dilakukan pemeriksaan, minimal dengan test pack. Namun supaya lebih akurat bisa dengan melakukan pemeriksaan USG. Untuk test pack, paling sensitif bisa dilakukan sekitar 2 hari sebelum siklus menstruasi selanjutnya atau 14 hari setelah hubungan seks dilakukan di masa subur (ovulasi).

    Jika air mani hanya berada di luar vagina maka kemungkinan hamil bisa ditiadakan, namun harus dipastikan apakah benar tak ada cairan mani yang masuk ke liang vagina. Jika ada walaupun hanya sedikit maka bisa saja menyebabkan terjadinya pembuahan. Untuk solusi mengatasi telat mens tergantung penyebab keterlambatannya karena tatalaksana berbeda – beda. Sehingga untuk saat ini yang terpenting adalah memastikan penyebab keluhan anda terlebih dahulu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tidak Mendapatkan Menstruasi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.