• Selamat pagi dok, mau tanya anak saya usia 9 bulan sudah 3 hari ini diare sehari bisa 3-4x bab, bab nya berair tapi juga ada tinja nya berwarna kuning, dan berat badan nya terlihat berkurang, padahal minum nya asi dok cuma makan nya 3 hari ini tidak sebanyak biasanya, mohon saran nya dok terimakasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Diare merupakan suatu kondisi fisik dimana terjadi perubahan frekuensi dan konsistensi buang air besar yaitu buang air besar lebih dari 3 kali dalam sehari disertai tinja yang encer atau cair. Diare bisa terjadi pada semua orang mulai dari bayi hingga orang dewasa. Pada bayi, kejadian diare cukup membahayakan jika tidak ditangani dengan baik karena bayi tidak bisa mengeluhkan kondisinya dan orang tua sering kali terlambat memberikan pertolongan pertama pada anak.

    Diare bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari infeksi baik karena bakteri, virus, jamur dan parasit lainnya. Selain itu diare juga bisa disebabkan karena keracunan makanan, alergi terhadap makanan atau obat tertentu, perubahan jenis dan konsistensi makanan serta sebab lainnya. Diare akan membahayakan bagi bayi ketika disertai dengan dehidrasi akibat kurangnya asupan cairan serta banyaknya cairan yang keluar bersama tinja. Oleh karena itu penanganan yang utama pada bayi dengan diare adalah memastikan asupan cairannya terpenuhi. Prinsipnya adalah mengganti cairan yang keluar dengan asupan cairan baik berupa ASI, susu formula, air putih, dan cairan lainnya.

    Jika anak tampak lemah atau gelisah, tampak kehausan berat atau malah susah minum, serta tampak adanya perburukan lainnya maka segera bawa ke pusat kesehatan terdekat agar mendapat penanganan yang cepat dan tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tips Menghadapi Anak Diare

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.