• Dok.. kaki saya dua hari yang lalu tertusuk paku. Nah,setelah dibersihkan dan diobati oleh dokter, keesokan harinya malah bengkak dan terdapat bintik hitam pada lain tempat di kaki tersebut.

    Bintik apa dan cara mengobatinya bagaimana ya dok?? Dan bintik itu menimbulkan bengkak dan nyeri. Tolong jawabannya ya dok.. Terimakasih dok..

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bintik hitam seperti apa yang anda alami? Apakah bintik hitam memiliki lokasi yang berbeda dengan tempat atau bagian kaki yang tertusuk paku? Sayangnya anda kurang menjelaskan secara detail atau memberikan foto dari bintik hitam yang anda maksud sehingga saya tidak bisa menjelaskan secara gamblang penyebab dari bintik hitam tersebut. Kemungkinan bintik hitam bisa karena beberapa hal misalnya saja bekas tusukan paku, bekuan darah, memar dan lain sebagainya. Perlu pemeriksaan secara langsung untuk memastikan penyebab keluhan anda tersebut.

    Justru yang menjadi titik fokus saya adalah apakah pasca tertusuk paku sudah dilakukan penyuntikan vaksin TT (tetanus toksoid) dan atau ATS (anti tetanus serum).  Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya tetanus akibat tertusuk paku terutama paku berkarat. Selain itu perlu juga pemberian obat antibiotik untuk mengatasi kemungkinan terjadinya infeksi bakteri mengingat telah terjadi keluhan bengkak dan nyeri pada kaki anda. Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang ke dokter sehingga dapat ditentukan bagaimana kondisi luka anda saat ini serta mendapat terapi yang sesuai. Jangan meremehkan kondisi kaki yang terinfeksi apalagi dengan riwayat tertusuk paku untuk menghindari gangguan kesehatan yang lebih berat.

    Silakan baca artikel berikut:

    Penyakit Tetanus – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Titik Hitam Setelah Tertusuk Paku

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.