• dok, selangkangan saya seperti ada berbentuk kayak pulau”kecil gitu dok. warnanya kemerah”an. tp kulit dasarnya jadi warna hitam dok. makin digaruk makin timbul kayak pulau itu dok. itu obatnya apa ya dok?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Selangkangan merupakan daerah yang lembab dan berlipat sehingga sering kali muncul keluhan pada daerah ini, yang tersering adalah berupa rasa gatal dan bercak – bercak pada kulit. Oleh karena itu agak sulit untuk menentukan diagnosis penyebab keluhan anda tanpa melihat secara langsung gambaran klinis yang muncul pada kulit. Sebagai informasi bagi anda berikut akan saya sampaikan beberapa kemungkinan penyebab keluhan bercak pada selangkangan yaitu antara lain akibat:

    1. Infeksi jamur, misalnya akibat tinea ataupun candidiasis bisa menimbulkan keluhan bercak – bercak yang umumnya disertai rasa gatal. Bercak yang muncul biasanya berwarna kemerahan. Pada tinea bercak tampak membaik pada bagian tengah sedangkan tepinya lebih aktif (berwarna kemerahan).
    2. Dermatitis alergi juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai bercak pada selangkangan. Biasanya ada faktor pencetus yang menyebabkan keluhan ini seperti celana dalam dengan bahan yang menimbulkan alergi, renda atau pinggiran celana dalam, jeans yang menempel ke kulit dan lain sebagainya.
    3. Urtikaria juga bisa menimbulkan rasa gatal disertai bercak yang menimbul pada kulit.
    4. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.Tatalaksana yang diberikan tergantung penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kulit Selangkangan Kemerehan Berbentuk Pulau

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.