• Saat ini saya mengalami rasa gatal pada dubur saya selain itu ada tonjolan yang keluar pada pinggir dubur saya. Sebenarnya tonjolan itu sudah ada sekitar 4-5 bulan lalu pada saat saya hamil anak ketiga saya tapi tidak terlalu bengkak dan keluar, tapi menjadi sangat bengkak dan menonjol keluar setelah saya melahirkan. Sebulan setelah melahirkan tonjolan itu kempes sendiri.  Tapi kemudian muncul lagi saat ini saat umur bayi saya 4 bulan dan itu disertai rasagatal yang sangat mengganggu. Terkadang kalau gatalnya tidak tertahankan saya menggaruknya tapi akibatnya rasa pedis terasa di dubur saya. Apa yang terjadi pada saya dok, dan bagaimana mengatasi rasa gatal dan tonjolan tersebut.

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan benjolan pada bokong anda kemungkinan adalah ambeien atau wasir atau dalam istilah kedokteran disebut hemoroid. Ambeien atau hemoroid dapat dicetuskan oleh beberapa hal antara lain faktor kehamilan, faktor mengejan terlalu kuat saat persalinan, konstipasi (susah BAB) sehingga membuat mengedan terlalu kuat, dan lain sebagainya. Kadang hemoroid yang muncul saat kehamilan bisa mengempis sendiri, namun beberapa juga mengalami pembesaran kembali setelah proses persalinan serta sering berulang di kehamilan berikutnya.

    Hemoroid sendiri memiliki dua jenis yaitu hemoroid interna dan hemoroid eksterna. Untuk membedakan keduanya memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter. Jika hemoroid masih bisa hilang timbul dengan sendirinya memang masih ada kemungkinan dengan obat – obatan untuk mengurangi pelebaran pembuluh darah di rektum dan anus tersebut, baik obat minum maupun obat suppositoria (dimasukkan lewat lubang anus). Selain itu bisa diberikan obat anti inflamasi untuk mengurangi peradangan yang muncul serta obat simptomatik lainnya misal obat anti histamin untuk mengurangi rasa gatal. Untuk mengurangi rasa gatal yang anda rasakan bisa dikonsumsi obat Loratadin, cetirizin dan lain sebagainya. Namun jika benjolan berlangsung menetap, maka tindakan yang paling tepat adalah dengan jalan pembedahan. Untuk itu sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan mendapat terapi yang paling tepat dengan kondisi anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tonjolan dan Gatal pada Dubur

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.