• Selamat siang, dokter.

    Saya pernah mengalami kecelakaan bus hingga kedua tempurung lutut membentur penyangga kursi sopir (di kursi paling depan). Setelah beberapa jam, saya dibawa ke UGD. Hasil rontgen menyatakan tidak ada patah / cedera berat. Saya hanya diberi obat pereda nyeri dan emulgel natrium diklofenak. Katanya hanya trauma saja. Tapi sekarang lutut saya akan terasa sangat sakit kalau terbentur seperti kursi, meja, atau akan sakit kalau berlutut, padahal sebelum kecelakaan hanya memar. Apa kondisi ini berhubungan dengan kecelakaannya? Apa saya harus ke dokter orthopedi untuk menindak lebih lanjut?

    Terima kasih, dokter.

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan anda sebenarnya masih kurang jelas. Berapa lama jarak antara kecelakaan hingga keluhan yang sekarang dirasakan. Mungkin saja rasa nyeri di lutut terjadi akibat gejala sisa trauma atau benturan di lutut yang terjadi sebelumnya. Namun juga bisa saja bukan. Memang perlu pemeriksaan langsung untuk memastikan kondisi yang terjadi pada lutut anda. Ada baiknya memang anda melakukan pemeriksaan ulang ke dokter , terutama dokter spesialis ortopedi untuk memastikan keluhan anda. Dokter perlu melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu untuk memeriksa apakah rasa nyeri berasal dari otot yang ada di sekitar lutut, nyeri sendi ataukah berasal dari tulang patella (lutut) yang bermasalah. Jika memang dibutuhkan bisa saja dokter menyarankan melakukan pemeriksaan penunjang misal dengan rontgen, namun hal ini ditentukan setelah dilakukan pemeriksaan fisik.

    Beberapa kemungkinan yang menyebabkan keluhan bisa akibat:

    1. Adanya gangguan pada otot bagian lutut, misal strain otot (tarikan otot), atau karena adanya hematom atau memar yang belum sembuh di area tersebut.
    2. Adanya gangguan pada sendi lutut, misal dislokasi pada sendi lutut, arthtitis (radang sendi), dan sebagainya
    3. Adanya gangguan pada tulang patela (lutut) misal berupa fraktur atau patah tulang

     

    Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar dapat dipastikan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Trauma Di Lutut Karena Kecelakaan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.