• permisi dok, saya memiliki tremor dari kecil. sebetulnya sih tidak terlalu mengganggu, namun sekitar 1-2 tahun kemarin selain tremor tangan saya juga terkadang gerak sendiri. awalnya gerakan tersebut jarang terjadi sampai lama” jadi amaat sering terjadi, bisa dibilang  sehari gerakan tersebut bisa terjadi 5-6 kali. oh ya gerakan itu seperti gerakan refleks jika tangan saya ingin menghindari sesuatu. selain itu kepala belakang saya sering tiba” sakit nyeri sekali, namun detik berikutnya entah kenapa sakitnya menghilang begitu saja tanpa bekas, dan kalau saya ditanya sakitnya sebelah mana, saya benar” tidak tahu ada dibagian mana.
    oh ya dok akhir” ini juga saya cenderung sering lupa. bahkan hal yg baru diingatkan -+2 jam lalu bisa saya lupakan. padahal hal tersebut bisa dikatakan penting. disaat umur saya yg menginjak 25 tahun ini apa bisa dibilang wajar ya dok?
    terimakasih sebelumnya

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tremor atau gerakan tak terkontrol pada satu atau lebih bagian tubuh, biasanya terjadi pada anggota gerak atas atau tangan. Penyebab tremor bisa karena respon normal tubuh misalnya saat seseorang mengalami kegugupan, kedinginan, atau juga bisa karena masalah kesehatan tertentu. Penyebab tremor karena gangguan pada tubuh pada umumnya terjadi karena masalah pada area otak yang mengatur otot – otot di bagian tubuh tertentu. Ada beberapa penyakit yang dapat mengakibatkan timbulnya keluhan tremor yaitu antara lain penyakit stroke, parkinson, multiple sclerosis, cedera otak karena trauma, dan penyakit gangguan saraf lainnya. Penyakit gangguan metabolik seperti hipertiroid  (kadar hormon tiroid yang tinggi) dan hipoglikemia (kadar gula darah yang rendah) juga dapat menyebabkan keluhan tremor. Obat –obatan tertentu yang digunakan dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan efek samping berupa keluhan tremor misalnya obat amfetamin, kortikosteroid, dan obat-obatan lainnya. Konsumis alkohol yang berlebihan juga bisa menyebabkan tremor.

    Perlu pemeriksaan secara mendalam oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna memastikan penyebab keluhan anda. Setelah diagnosis ditegakkan baru seorang dokter bisa menentukan apakah keluhan yang anda alami termasuk hal yang normal atau karena penyakit tertentu serta perlukah diberikan terapi atau tidak.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tremor dan Tangan Seolah Bergerak Sendiri

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.