• Dokter, saya mau tanya..

    anak saya usia 2 thn 4 bln, skrng kadar sel2 darahnya di bawah normal semua, lekosit rendah, hb rendah, bahkan trombosit hanya 8rbu saja, sekitar 2 minggu yg lalu anak saya melakukan BMP utk pengecekan sumsum tulang, tpi sampe skrng tidak kunjung normal, diagnosa terakhir anak saya sakit anemia applastik. Mohon penjelasannya dokter, penanganan apa yg seharusnya dilakukan agar sel2 darahnya bisa kembali normal..

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Anemia aplastik merupakan suatu penyakit darah yang ditandai oleh berkurangnya jumlah seluruh sel darah (pansitopenia) pada sel darah tepi dan terjadi penurunan selularitas pada sumsum tulang. Jumlah sel darah yang diproduksi tidak memadai jumlahnya sehingga terjadi pansitopenia tersebut pada pasien anemia aplastik. Sel – sel darah yang mengalami penurunan adalah sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit). Penyebab anemia aplastik ada banyak, antara lain karena pengaruh radiasi dan paparan bahan kimia, karena infeksi virus, atau karena idiopatik (tidak diketahui dengan jelas penyebabnya). Kebanyakan pasien anemia aplastik penyebabnya adalah idiopatik

    Terapi yang bisa dilakukan untuk anemia aplastik sebenarnya cukup banyak yaitu terdiri dari tatalaksana suportif yang bertujuan untuk mengatasi keadaan pansitopenia yang terjadi misal dengan transfusi, lalu dengan penggantian stem cell melalui transplantasi sumsum tulang atau dengan penekanan proses imunologis yang terjadi dengan cara pemberian obat – obat imunosupresan (obat untuk menekan sistem imun tubuh). Terapi yang diberikan juga tergantung kondisi yang sedang terjadi pada anak anda. Silakan anda berkonsultasi secara langsung oleh dokter yang merawat anak anda karena tentu beliau yang lebih tahu rencana terapi yang terbaik dan paling tepat dilakukan untuk kondisi anak anda saat ini.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Trombosit, Lekosit, dan Hb Rendah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.