• Anak saya trombosit turun hanya 62000, terus dokter bilang ada kembung diperutnya, diberi obat salah satunya goforan cefotaxime,tapi trombositnya semakin turun jadi 54000. mana sebenarnya yang perlu di obati lebih dulu trombositnya atau kembungnya…

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Informasi yang anda sampaikan kurang detail sehingga saya tidak bisa menjawab pertanyaan anda secara gamblang. Sebenarnya yang terpenting adalah bukan tentang apa yang harus diobati duluan, apakah trombositnya atau kembungnya. Yang paling utama adalah tentukan dulu penyebab keluhan tromsit yang menurun tersebut karena sebenarnya penyebabanya sangat banyak sekali seperti:

    1. Infeksi virus, misalnya demam berdarah dengue (DBD)
    2. Infeksi bakteri misalnya tuberkulosis miliar
    3. Keganasan pada sel darah, misalnya leukemia
    4. Anemia aplastik
    5. Kekurangan vitamin B6 dan asam folat.
    6. Penyakit autoimun, seperti idiopatik trombositopenia purpura (ITP)
    7. Dan masih banyak lagi

    Kembung sendiri sebenarnya merupakan gejala penyakit sehingga asalkan penyebabnya diatasi maka keluhan ini akan membaik. Kembung bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Pada DBD juga bisa terjadi kembung. Namun yang paling penting adalah bukan mengatasi kembung secara langsung dengan obat anti kembung namun bagaimana mengatasi perembesan darah yang terjadi dengan penggantian cairan yang memadai, salah satunya dengan pemberian cairan kristaloid hingga transfusi trombosit jika memang dibutuhkan.

    Dokter perlu melakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang untuk menentukan diagnosis penyakit pasien, mengetahui sejauh apa perjalanan penyakitnya sehingga dapat menentukan langkah terapi yang paling tepat sesuai dengan prosedur pengobatan penyakit tersebut. Ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani anak anda karena tentu ia yang lebih tahu sejauh apa perjalanan penyakit yang dialami sehingga menjadi dasar pemilihan terapi yang diambilnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    terimakasih atas jawabanya dokter. selamat pagi

Beranda Tanya Dokter Obati Trombosit Turun atau Kembung?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.