• dokter saya memiliki tubuh yang gemuk..apakah ada minuman yang efektif untuk menurunkan berat badan saya tanpa ada efeksamping yang berbahaya? Mohon dijawab terimakash dok…

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Berat badan ideal kita diketahui dengan rumus (Tinggi Badan-100) – 10% (Tinggi Badan – 100). Jika berat badan anda terlalu gemuk maka ada beberapa upaya untuk menurunkan berat badan tersebut, namun saran saya jangan menggunakan suplemen atau minuman – minuman penurun berat badan secara instan karena dikhawatirkan malah akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan anda. Berat badan bisa turun 0,5 – 1 kg dengan cara membakar sekitar 500 kalori atau lebih dari makanan yang kita makan. Jika ingin lebih cepat tentu asupan makanan harus makin dibatasi dan olahraga makin ditingkatkan.

    Penurunan berat badan sebaiknya jangan terlalu drastis karena efek samping yang malah akan membahayakan kesehatan anda. Berikut beberapa upaya menurunkan berat badan adalah:

    1. Atur asupan makanan. Pembatasan asupan garam dan karbohidrat bisa mengurangi berat badan. Makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan berupa buah- buahan, sayur, putih telur, produk olahan dari kedelai (seperti susu kedelai, tahu, tempe, dll), ikan, daging ayam bagian dada tanpa kulit, dan makanan non lemak lainnya.
    2. Tingkatkan konsumsi air putih
    3. Hindari mengkonsumsi cemilan yang malah akan meningkatkan nafsu makan anda.
    4. Olahraga seperti lari/ jogging, dsb.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Adakah Minuman yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.