• Siang, saya mengalami kecelakaan 1 tahun yang lalu, ketika di rongsen, ada retak di samping mata dan dibawah mata, awalnya bengkak di bawah bagian mata, namun berangsur2 telah pulih kembali, cuma hingga saat ini setelah 1 tahun, tulang dibawah pipi tidak begitu menonjol, apakah bermasalah?

     

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Perbaikan dan penyembuhan paska fraktur dipengaruhi oleh beberapa hal mulai dari letak fraktur, tingkat keparahannya, hingga tatalaksana awal dan lanjutan yang diberikan kepada pasien. Untuk kasus anda saya tidak bisa menjelaskan detail apakah tulang bawah pipi tidak begitu menonjol menjadi masalah atau tidak karena saya tidak mengetahui bagaimana riwayat trauma sebelumnya, tatalaksana apa yang sudah dilakukan untuk anda. Penatalakasanaan trauma yang cepat dan tepat dapat mempengaruhi keberhasilan terapi dan juga mengurangi kemungkinan komplikasi yang ditimbulkan. Namun secara umum beberapa kasus fraktur memang sering menimbulkan komplikasi berupa deformitas (perubahan bentuk) pada tubuh meskipun telah dilakukan tindakan yang sesuai. Sehingga kadang butuh beberapa kali operasi atau pembedahan untuk mengembalikan struktur tuuh ke posisi semula.

    Pada kasus anda salah satu bentuk deformitas tersebut adalah tulang bawah pipi yang tidak begitu menonjol. Namun hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah berarti selama tidak ada keluhan yang anda rasakan seperti nyeri, bengkak, gangguan penglihatan, menjadi kesulitan menggerakan wajah, makan dan lain sebagainya. Jika memang ada keluhan yang saudara rasakan ada baiknya jika dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dicari tahu penyebab pastinya dan mendapat solusi yang terbaik.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tulang di Bawah Mata Retak

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.