• Saya 65 tahun berat 55 kg secara umum sehat2 saja , namun ada masalah sedikit yakni kalau tidur dengan kepala agak datar tiba2 bisa seperti tersedka dan batuk , solusinya adalah tidur dengan bantal 3 tumpuk , ada apa dengan saluran pernafasan saya dok…..terima kasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tersedak merupakan suatu hal yang biasa dialami oleh hampir tiap individu. Tersedak saat tidur bisa disebabkan karena beberapa hal antara lain:

    1. Produksi saliva atau air liur yang cukup banyak terutama saat tidur sering kali membuat tersedak dan individu tersebut menjadi terbangun.
    2. Kebiasaan mengorok saat tidur juga sering membuat tersedak saat tidur dan kemudian individu tersebut menjadi terbangun dan batuk – batuk sebagai respon tubuh untuk mencegah saliva atau air liur masuk ke saluran pernapasan.
    3. Adanya lesi pada tenggorokan. Jejas atau trauma di tenggorokan membuat terjadi inflamasi atau peradangan pada area tersebut. Beberapa individu dengan tumor di tenggorokan juga sering kali membuat individu tersebut tersedak oleh air liurnya sendiri.
    4. Penyakit tertentu misalnya gastroesofageal reflux disease dimana asam lambung akan naik hingga ke esofagus. Keluhan ini sering kali terjadi pada malam hari saat pasien tertidur sehingga membuat pasien terbangun karena merasa tak nyaman dan tersedak.
    5. Sebab lainnya

    Tidur dengan posisi bantal agak lebih tinggi atau tidur dengan bantal yang besar memang bisa menjadi salah satu langkah antisipasi kejadian tersedak saat tidur. Jika keluhan sering sekali terjadi dan mengganggu anda sebaiknya dikonsultasikan secara langsung ke dokter agar mendapat pemeriksaan yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Waktu Tidur Tiba-tiba Tersedak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.