• Maaf dok saya mau bertanya. Saya itu masih muda tapi kok rambut saya sudah beruban banyak yah dok? Gimana itu solusinya dok supaya rambut saya dapat kembali hitam seperti semula. Terima kasih.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Rambut merupakan salah satu “perhiasan” yang menunjang penampilan tiap individu baik pria maupun wanita. Keluhan yang berkaitan dengan rambut ada beberapa antara lain rambut rontok, kebotakan, hingga masalah uban yang muncul pada rambut. Uban atau rambut putih merupakan hal yang normal terjadi pada tiap individu. Namun kebanyakan terjadi pada usia tua. Sehingga ketika orang dewasa muda mengalami hal tersebut, tentu akan menimbulkan keluhan yang berkaitan dengan kosmetik atau penampilan yang berakibat pada kurangnya rasa percaya diri.

    Perubahan warna rambut menjadi putih (uban) disebut juga sebagai kanitis atau poliosis dalam istilah kedokteran. Penyebabnya adalah karena berkurang atau menghilangnya pigmen melain dalam korteks rambut, atau bisa juga karena sebab lainnya seperti adanya penyakit yang mempercepat pertumbuhan uban (misalnya anemia pernisiosa dan penyakit addison). Selain itu, ubah yang tumbuh terlalu cepat sebelum usia 40 tahunan bisa juga karena kelainan herediter (keturunan).  Selain itu, uban juga ada yang timbul sejak lahir, seringnya hanya meliputi seikat rambut saja. Pada penderita albino dapat mengenai  seluruh rambut di kepala. Uban paling sering karena usia lanjut dimana pada usia ini seluruh proses biologi menurun termasuk juga perubahan aktivitas melanosis dalam korteks rambut. Rambut yang sudah memutih tidak bisa kembali menghitam, kecuali tumbuh rambut – rambut baru.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    oh berarti apakah tidak ada cara untuk dapat mensuplay pigmen rambut supaya dapat bekerja secara normal kembali dok?

    Kalau ada itu caranya bagaimana?

    Terimakasih

Beranda Tanya Dokter Uban di Usia Muda

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.