• dok ibu saya di ulu hati nya deg-degan terus dan mual2. di suruh periksa ke dokter tidak mau. itu sakit apa ya dok apakah itu gejala sakit jantung/maag ?
    terima kasih dok

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri di ulu hati dan mual – mual seringkali dikaitkan dengan gangguan di lambung akibat peningkatan asam lambung. Umumnya hal ini terjadi akibat pola makan yang kurang baik, misalnya terlambat makan, makan makanan yang mengiritasi lambung, konsumsi obat penghilang nyeri seperti asam mefenamat, piroxicam dan lain sebagainya dalam jangka waktu lama, dan masih banyak lagi. Gangguan di lambung ini bisa berupa dispepsia atau hingga terajadi ulkus gaster (lambung). Gejala yang muncul dari dispepsia antara lain nyeri ulu hati, mual, bahkan hingga muntah, kadang disertai keluhan sakit kepala dan lain sebagainya, serta biasanya makin diperberat saat perut kosong akibat terlambat makan. Ulkus gaster merupakan gangguan di lambung dengan lesi yang lebih berat daripada dispepsia karena sudah terjadi perlukaan di mukosa lambung pasien. Gejala yang dialami hampir mirip, namun biasanya jika diisi makanan sering bertambah berat keluhan nyerinya. Untuk menegakkan diagnosis ulkus gaster perlu dilakukan pemeriksaan endoskopi untuk memastikan kondisi mukosa lambung.

    Namun gangguan di organ lain juga seringkali mirip dengan penyakit lambung, misalnya saja akibat penyakit jantung koroner seperti angina pektoris dan miocard infark. Gejala yang dialami pasien berupa rasa nyeri di dada berupa rasa tertekan atau berat atau terasa panas dan tak nyaman. Gejala tersebut sering menyerupai nyeri ulu hati, kadang pasien juga mual dan muntah sehingga seringkali hanya dianggap sebagai gangguan lambung.

    Ada baiknya ibu anda diperiksakan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ataupun pemeriksaan penunjang yang memang dibutuhkan sehingga bisa tegak diagnosis penyakitnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Ulu Hati Deg-degan, Sakit Apa Itu dan Apa Obatnya ?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.