• Vagina saya perih, muncul tonjolan, mengeluarkan cairan kuning berbau, dan klitoris yang bengkak . Setiap buang air kecil saya selalu menangis karna tidak dapat menahan sakit. Jalan, mengangkang, saya tidak bisa duduk di permukaan yang keras bahkan duduk tegak pun tidak bisa . Apa kira2 yang menyebabkan hal seperti itu ?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Benjolan pada vagina bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari sumbatan pada kelenjar – kelenjar sekitar vagina, akibat terjadinya infeksi, hingga akibat massa atau tumor yang timbul di vagina. Penyebab tersering terjadinyanya benjolan di vagina antara lain akibat kista bartolin dan, abses bartolin. Kelenjar bartolin bertugas untuk menghasilkan cairan yang berfungsi melumasi vagina. Jika kelenjar ini tersumbat dan terjadi infeksi maka kelenjar akan meradang dan timbullah abses. Abses bisa menimbukan rasa nyeri, peradangan, kemerahan pada area munculnya abses. Kista bartolin juga bisa muncul akibat sumbatan kelenjar namun biasanya tak muncul rasa nyeri. Jika ada kekuhan nyeri maka biasanya terjadi pada kista yang berukuran besar. Kista yang terinfeksi oleh beberapa mikroorganisme akan bisa menjadi abses bartholin. Keluhan yang muncul akibat abses selain yang telah disebutkan di atas adalah berupa rasa tak nyaman saat pasien duduk hingga berjalan akibat rasa nyeri yang muncul dan bisa juga disertai demam.

    Pengobatan kista bartolin ada beberapa hal mulai dari mengompres atau merendam vagina dengan air hangat dengan tujuan menghilangkan bagian kelenjar bartolin yang tersumbat. Selain itu bisa dilakukan tindakan operatif untuk menghilangkan kista.
    Untuk abses bartolin bisa diberikan terapi farmakologi berupa antibiotik untuk menghilangkan bakteri penyebab serta pemberian obat penghilang nyeri dan demam misal paracetamol dan ibuprofen. Kadang juga perlu tindakan untuk mengeluarkan nanah yang menumpuk. Ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.
    Sekina jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Vagina Perih, Muncul Tonjolan, Hingga Mengeluarkan Cairan Kuning

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.