• Slamat malam dok,

    awalnya tenggorokan saya sakit, saya pikir radang tenggorokan, saya cukup byk minim air putih, makan troches, larutan penyegar aja, beberapa hari kemudian gejalanya seperti menghilang, tapi kemudian saya rasa demam, pusing yang menyakitkan seperti dipukul-pukul. lalu badan ngilu-ngilu banget dan pagi pas bangun tidur saya lihat ada ruam-ruam merah tapi tidak timbul & tidak berair. seperti bercak-bercak aja. besoknya saya ke dokter katanya virus tp saya kurang jelas virus apa. saya diberi antibiotik, obat racikan untuk linu & pusing serta demam & caladine. sehari pusing & demam hilang. 2 hari merah-merah memudar. tapi dibelakang leher seperti ada merintis kalo saya pegang masih ada tp gak sakit. ini virus apa ya dok?

    terima kasih jawabannya dok,

    Kartika

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaan anda mengenai penyebab pasti akibat virus apa yang menginfeksi anda. Karena untuk mengetahuinya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung bagaimana kondisi klinis anda serta lesi kulit yang anda alami seperti apa gambarannya. Ada banyak infeksi virus yang memiliki gejala klinis seperti yang anda alami, antara lain:

    1. Infeksi virus dengue. Infeksi ini menyebabkan penyakit demam dengue ataupun demam berdarah dengue. Gejala klinis yang dialami berupa demam tinggi mendadak selama 4 hingga 5 hari, disertai nyeri sendi, hingga muncul bercak – bercak merah di kulit atau yang biasa disebut petekie. Untuk membedakan apakah bercak merah berupa petekie atau karena sebab lainnya bisa dengan cara melebarkan kulit sekitar bercak. Jika saat kulit dilebarkan, bercak merah tak menghilang maka itu disebut petekie. Namun jika menghilang berarti akibat lain misal gigitan serangga dan lain sebagainya.
    2. Infeksi virus morbili atau biasa disebut campak. Gejala yang muncul juga berupa demam, nyeri sendi, muncul bercak merah, kadang disertai batuk pilek, mata merah dan lain sebagainya.
    3. Infeksi virus herpes zoster. Bisa juga menyebabkan keluhan demam disertai nyeri sendi, muncul bercak – bercak merah awalnya kemudian berubah menjadi berair dan bergerombol. Umumnya hanya satu sisi tubuh yang terkena.
    4. Infeksi virus varicella zoster bisa menyebabkan cacar. Gejala klinis juga berupa demam, nyeri sendi, dan muncul bercak merah yang berubah menjadi berair seperti tetesan embun. Bercak berair umumnya menyebar.
    5. Infeksi virus yang menyebabkan HFMD (hand foot mout disease) atau sering disebut flu singapur. Juga memiliki gejala berupa demam tinggi, nyeri sendi, dan muncul bercak merah di tangan dan kaki. Mulut umumnya ada sariawan, ada nyeri menelan dan lain sebagainya
    6. Serta masih banyak lagi

    Karena memang anda sudah memeriksakan diri ke dokter maka silakan konsumsi obat yang diberikan sesuai anjuran. Jika obat habis namun gejala belum membaik silakan periksakan ulang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Ruam Merah – Merah Setelah Demam, Virus Apa Ya Dok?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.