• Hai dok..

    Saya mau tanya .. temen saya mata bagian bawah / kantung mata nya bengkak dan di bagian atas bibir /bagian kumis nya bengkak juga . itu karena apa ya ? dan apakah temen saya harus ke dokter untuk di cek lebih lanjutnya

    Dan akhir2 ini dia juga badan nya gatel2 seperti alergi dan badan di penuhin bentol2 .. tapi sebelum nya dia tidak punya penyakit alergi .. itu juga karna apa ?

    Mohon bantuan nya ya dok .. saya agak sedikit khawatir tentang ini . Karena sebelumnya temen saya tidak punya penyakit alergi dan bengkak di wajah ..

    Kalau itupun harus di cek ke dokter. Kira2 rekomodasi untuk rumah sakit dimana ya  ? saya tinggal di daerah jakarta timur

     

    Terima kasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kemungkinan yang dialami oleh teman anda berupa bengkak – bengkak di bagian bawah mata dan atas bibir disertai bentol – bentol yang terasa gatal merupakan akibat urtikaria. Urtikaria merupakan salah satu penyakit kulit yang umumnya disebabkan oleh bahan – bahan yang bersifat alergen terhadap individu tersebut, bisa karena bulu binatang, makanan (misal kerang, kepiting, dan lain sebagainya), debu, cuaca terlalu dingin, gigitan binatang, dan lain sebagainya.

    Penyakit alergi tidak selalu muncul di waktu kecil, bisa juga terjadi atau timbul pertama kali saat remaja hingga dewasa. Penyakit alergi juga tidak selalu akibat paparan pertama kali dengan bahan alergen, bisa saja terjadi pada paparan kedua, ketiga dan seterusnya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan teman anda memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter, tidak harus ke rumah sakit namun juga bisa ke klinik terdekat, puskesmas dan lain sebagainya. Bisa langsung diperiksakan ke dokter umum ataupun ke dokter spesialis kulit.

    Penatalaksanaan penyakit kulit akibat alergi bisa dengan pemberian obat anti histamin misal cetirizin, loratadine, dan lain sebagainya. Kadang juga perlu obat kortikosteroid untuk mengatasinya. Pengobatan bisa secara topikal (krim, salep) atau obat minum jika memang lesi kulit menyeluruh. Namun yang terpenting adalah dengan mencegah paparan alergen. Pasien ada baiknya mengamati bahan – bahan apa saja yang mencetuskan keluhan seperti itu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Pagi dok .
    <p style=”text-align: left;”>Tapi temen saya perlu cek darah nya tidak ya dok ?</p>
    <p style=”text-align: left;”>Terima kasih</p>

Beranda Tanya Dokter Wajah Mulai Bengkak, Apa Penyebabnya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.