Tuzalos adalah obat yang dapat digunakan untuk mengatasi demam, hidung tersumbat, bersin, batuk, serta sakit kepala. Oleh karena itu obat ini cocok digunakan untuk mengobati beragam gejala yang ditimbulkan oleh flu. Tuzalos merupakan obat yang mengandung empat jenis zat aktif yaitu, parasetamol, Dextromethorphan, fenilpropanolamin, dan klorfeniramin maleat. Pada artikel kali ini akan membahas obat Tuzalos beserta informasi terkait lainnya secara lebih rinci.

Mengenal Obat Tuzalos

Parasetamol adalah obat analgesik dan antipiretik. Obat ini digunakan sebagai bahan utama dalam beragam obat batuk dan pilek. Obat ini telah secara luas digunakan untuk mengatasi demam, sakit kepala, dan nyeri derajat ringan lainnya. Obat ini sangat aman apabila digunakan pada dosis standar. Obat ini tidak menimbulkan euforia, perubahan mood, toleransi, kecanduan ataupun ketergantungan. Namun karena ketersediaannya yang luas, overdosis dapat terjadi dengan disengaja atau tanpa disengaja.

tuzalos

Dextromethorphan merupakan obat yang termasuk turunan morphin. Obat ini adalah anti tusif yaitu obat penekan batuk. Obat ini terutama digunakan untuk mengatasi batuk tidak berdahak atau batuk kering. Karena merupakan turunan morphin obat ini juga memiliki efek sebagai penenang, disosiatif dan stimulan. Baca juga: Inilah, Obat Batuk Kering yang Harus Anda Pilih

Fenilpropanolamin hidroklorida merupakan obat yang memiliki struktu mirip dengan pseudoefedrin. Obat simpatomimetik ini dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Fenilpropanolamin bersama dengan paracetamol umum digunakan dalam formulasi obat batuk-pilek.

Klorfeniramin atau obat CTM merupakan obat yang dikenal sebagai antihistamin generasi pertama. Obat ini pada orang dewasa dan anak usia 6 tahun hingga yang lebih tua, dapat digunakan untuk mengatasi gejala yang disebabkan oleh alergi, termasuk mata merah gatal, pilek, bersin, iritasi, dan ruam pada kulit. obat ini juga untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga, dan kondisi medis pada kulit lainnya. Sebagai antihistamin, klorfeniramin bekerja dengan cara menginhibisi atau menghalangi efek dari histamin, yaitu suatu zat yang dilepaskan oleh sel tubuh yang dapat menimbulkan gejala alergi.

Indikasi

Tuzalos obat apa? Obat Tuzalos dapat digunakan untuk mengobati demam, hidung tersumbat, bersin, batuk, sakit kepala, alergi dan beragam gejala lainnya yang ditimbulkan oleh flu.

Kontraindikasi

Obat Tuzalos tidak boleh digunakan penderita yang telah diketahui :

  • mempunyai riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap Tuzalos
  • mempunyai riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap komponen obat
  • mempunyai kepekaan terhadap simpatomimetik lain seperti. Efedrin, pseudoefedrin, dan fenilefrin
  • mendapatkan terapi dengan obat monoamin oksidase (MAO) inhibitor karena dapat berisiko menyebabkan krisis hipertensi
  • memiliki penyakit darah tinggi, penyakit jantung, glaukoma, hipertiroid, diabetes, gangguan fungsi hati atau gangguan fungsu ginjal.

Dosis Tuzalos dan Cara Pemakaian

Tuzalos tersedia dalam bentuk kaplet yang mengandung Parasetamol 500 mg, dextromethorphan HBr 10 mg, fenilpropanolamin HCl 15 mg, klorfeniramin maleat 1 mg. Dosis Tuzalos kaplet adalah :

  • dewasa 1 kaplet diminum 3 kali sehari
  • anak – anak 6 – 12 tahun ½ kaplet diminum 3 kali sehari
  • obat dapat diminum dengan atau tanpa makanan

Efek Samping Tuzalos

Efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh Tuzalos antara lain, mengantuk, keluhan gastrointestinal, gangguan psikomotor, mulut kering, gangguan irama jantung, takikardia, palpitasi, retensi urin. Dalam dosis besar dan selama terapi jangka panjang mungkin dapat menimbulkan kerusakan hati, gangguan pernafasan serta penekanan sistem saraf pusat

Informasi Keamanan

Berikut ini beberapa informasi keamanan obat Tuzalos yang harus mendapakan perhatian, antara lain:

  • Penggunaan obat tidak boleh melebihi dosis yang telah ditentukan
  • Penggunaan obat tidak dianjurkan bagi anak-anak usia kurang dari 6 tahun, wanita hamil maupun wanita menyusui. Hanya boleh digunakan selama dalam pengawasan dokter.
  • Hati-hati obat ini dapat mengganggu kemampuan untuk mengemudi atau mengoperasikan mesin. Tidak boleh digunakan selama mengendarai kendaraan atau mengoperasikan mesin
  • Hati-hati penggunaan obat pada pasien hipertensi atau pasien yang mempunyai faktor risiko seperti usia tua dan obesitas
  • hati-hati penggunaan obat pada pasien yang mempunyai masalah pada fungsi pernafasan seperti, asma, PPOK.
  • Hati-hati penggunaan obat bersamaan alkohol terutama selama terapi jangka panjang. Karena dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan hati
  • Segera hentikan penggunaan obat Tuzalos bila mengalami gejala alergi, kesulitan tidur, sakit kepala atau berdebar