Ambeien Saat Hamil, Harus Bagaimana?

Menjalani kehamilan memang tidak mudah, ada banyak sekali keluhan-keluhan yang akrab dengan ibu hamil, salah satu yang menjadi perhatian adalah ambeien. Ketika mengalami ambeien saat hamil, apa yang harus Anda lakukan? Bagaimana mengatasinya? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar ambeien atau wasir pada ibu hamil.

Penyakit ambeien atau dalam masyarakat dikenal dengan istilah wasir adalah gejala berupa varises atau pelebaran pembuluh darah balik yang terjadi pada daerah anus (dubur). Penderita ambeien dapat mengalami beberapa gejala seperti nyeri dan gatal pada daerah anus, dan buang air besar berdarah.

ambeien saat hamil

Ambeien umumnya diderita oleh pekerja kantoran yang terlalu lama duduk. Ambeien saat hamil dapat membuat ibu menjadi terganggu dan merasa tidak nyaman. Ambeien pada ibu hamil termasuk keluhan yang sering dirasakan ibu pada saat hamil dan wasir pada ibu hamil ini merupakan salah satu alasan yang menyebabkan seorang ibu enggan untuk hamil kembali.

Beberapa Penyebab Ambeien Pada Ibu Hamil

Ambeien saat hamil dapat terjadi karena beberapa penyebab berikut ini :

  1. Pengaruh Hormon
    Hormon progesteron akan meningkat pada saat kehamilan yang bermanfat untuk menguatkan rahim, namun hormon progesteron yang tinggi ini memiliki efek perlambatan pada pergerakan saluran cerna, sehingga perjalanan makanan pada saluran cerna menjadi terhambat.
  2. Perubahan ukuran janin
    Seiring bertambahnya usia kehamilan maka ukuran janin juga ikut bertambah besar, hal ini akan menimbulkan penekanan pada rongga perut dan panggul yang dapat menghambat aliran darah dari pembuluh darah balik di daerah dubur.
  3. Penambahan beban ibu 
    Pada saat hamil ibu menanggung beban janin dan beban dirinya sediri, rahim pun ukurannya semakin membesar hingga saling berhimpitan dengan lambung dan saluran pencernaan, sehingga dapat menyebabkan hambatan pergerakan makanan pada saluran pencernaan dan dorongan atau penekanan yang bertambah pada saat mengejan dapat menimbulkan penonjolan pada pembuluh darah balik di sekitar anus.
  4. Sembelit
    hambatan pada pergerakan saluran pencernaan yang berlangsung terus –menerus akan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami sembelit, dan dorongan yang kuat untuk mengeluarkan kotoran dapat meningkatkan tekanan pembuluh darah pada dubur sehingga menyebabkan timbulnya ambeien
  5. Gerakan fisik yang kurang
    Karena penambahan berat badan, kebanyakan ibu hamil juga menjadi malas melakukan aktivitas fisik yang juga dapat menyebabkan pergerakan usus mejadi lambat dan mempeparah sembelit dan ambeien yang diderita ibu hamil.

Tips Mengatasi Ambeien Saat Hamil

Berikut adalah beberapa cara mengatasi ambeien saat hamil yang dapat dilakukan oleh ibu hamil, yaitu :

  1. Tidur miring ke kiri
    Berbaring dengan posisi miring ke kiri dapat mengurangi tekanan rahim terhadap pembuluh darah balik yang ada di belakang perut, cara ini dapat mengurangi hambatan pad aliran pembuluh darah balik dan dapat meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke janin agar lebih maksimal.
  2. Mengkonsumsi sayur dan buah
    Sayuran dan buah – buahan yang mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk melunakkan feses dan memperlancar aliran makanan pada saluran pencernaan, sehingga ibu hamil tidak perlu megejan kuat pada saat buang air besar
  3. Memperbanyak minum air putih
    Banyak minum air putih juga dapat melunakkan feses dan memperlancar aliran makanan pada salura penceraan
  4. Melakukan orahraga ringan
    ibu hamil dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan seperti senam ibu hamil atau dengan berjalan kaki secara santai minimal 30 menit dapat memperlancar aliran darah, dan memperlancar pergerakan saluran pencernaan
  5. Tidak menahan buang air besar
    menahan buang air besar dapat menyebabkan feses menjadi lebih keras oleh karena itu ibu hamil tidak boleh menahan buang air besar
  6. Menggunakan obat alami
    Lidah buaya dapat digunakan sebagai obat wasir alami karena mempunyai efek anti radang dan dapat memberikan sensasi dingin yang nyaman pada dubur. Pengobatan alami lebih disukai, mengingat efek samping yang tidak baik, maka obat ambeien saat hamil yang bersifat kimiawi sebisa mungkin dihindari..

Apabila cara – cara tersebut masih belum dapat mengatasi ambeien cobalah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat ambeien untuk ibu hamil yang tepat apakah yang berbentuk krim atau supositoria yang dapat menggunakan bahan dasar steroid, petroleum jelly atau zinc oxide, dan yang paling penting pada saat ambeien adalah menjaga selalu daerah dubur agar tetap bersih agar ambeien tidak menimbulkan komplikasi infeksi.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer