Buah dan Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil

Berbadan dua bukan berarti bahwa porsi makanan harus dua kali lipat, memang porsi  harus ditambah dan yang harus dipastikan adalah bahwa ibu dan janin yang dikandung mendapatkan nutrisi yang cukup. Dari mana kita dapatkan? Dari berbagai jenis makanan termasuk buah dan sayur-sayuran.

Buah dan sayuran untuk ibu hamil yang baik itu paling tidak mengandung vitamin C dan D yang yang menunjang pembentukan gigi dan tulang yang sehat, beta karoten yang menunjang sel-sel dan jaringan untuk membentuk dengan benar, sistem kekebalan tubuh dan penglihatan, asam folat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sumsum tulang belakang janin dan sistem saraf, dan terakhir ibu hamil perlu asupan kalium yang lebih banyak guna mengatur tekanan darah yang tetap stabil.

Di samping dilihat dari segi nutrisinya, buah dan sayuran untuk ibu hamil juga bermanfaat mengatasi masalah selama kehamilan, sebagai contoh: banyak ibu-ibu hamil yang mengalami sembelit atau konstipasi, konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya serat akan membantu mengatasi hal ini.

Berapa Banyak Buah dan Sayuran yang Harus Ibu hamil makan?

Secara perhitungan kasar, wanita hamil dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 2 ½ sampai 3 cangkir sayuran dan 2 cangkir buah setiap hari. Berikut variasinya:

  • 1 cangkir buah segar, kalengan atau beku
  • 1 cangkir sayuran segar atau dikukus
  • 2 cangkir sayuran berdaun hijau segar
  • 1 buah pisang besar atau 2 buah pisang kecil
  • 1 buah jeruk, apel, atau pir ukuran sedang-besar
  • Jus buah 1 gelas, kombinasi jus buah dan sayuran

Buah dan sayuran apa yang sehat untuk ibu hamil?

Berikut Rekomendasi jenis Buah dan Sayuran yang baik untuk Ibu Hamil.

sayuran untuk ibu hamil

Buah Alpukat

Alpukat sangat sehat dan lezat selama kehamilan. Alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, dan asam folat serta meniral penting seperti kalium. Bagi ibu hamil buah ini juga dapat membantu mengurangi morning sickness, membantu perkembangan otak dan jaringan sistem saraf yang sehat. Tapi ingat, buah alpukat mengandung tinggi lemak, jadi jangan berlebihan memakannya jika berat badan sudah berlebih.

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang cukup terkenal di seluruh dunia. Tahukah Anda bahwa brokoli kaya akan vitamin C, vitamin A, asam folat dan beberapa kalsium. Pilihlah yang berwarna hijau, semakin hijau gelap semakin banyak kandungan gizinya. Brokoli dapat dikonsumsi pada kondisi segar, dikukus, atau dicampurkan ke dalam sup dan banyak variasi lainnya sesuai selera Anda. Pastikan untuk mencucinya dengan bersih ketika mau dimakan mentah-mentah.

Lebih lanjut silahkan baca: Manfaat Brokoli

Wortel

Tentu semua tahu sayuran yang satu ini. Ya, wortel merupakan salah satu sumber tertinggi vitamin A, vitamin C dan vitamin B6 dan beta-karoten. Bagi ibu hamil tentu ini akan bermanfaat dalam membantu perkembangan tulang, mata dan gigi bayi. Wortel juga merupakan sumber serat yang baik sehingga dapat mengatasi mencegah sembelit.

Buah Mangga

Mangga kaya akan kalium, vitamin C dan vitamin A. Ini termasuk buah yang baik untuk ibu hamil karena akan menunjang perkembangan sistem kekebalan tubuh bayi, mata dan sistem saraf. Kalium dapat membantu menjaga tekanan darah agar stabil.

Bayam

Sayuran berdaun hijau ini sangat tinggi zat besi dan asam folat. Besi akan sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah, sedangkan asam folat membantu tabung saraf dan sistem saraf berkembang dengan baik (Baca: Manfaat Zat Besi). Tips agar zat besi dalam bayam terserap sempurna, makanlah juga buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, karena Vitamin C akan membantu penyerapan zat besi.

Buah Berries

Buah stroberi, blueberry dan raspberry, semua kaya akan kalium, folat, dan vitamin C. Buah-buahan ini juga kaya serat untuk membantu meringankan sembelit sehingga baik untuk ibu hamil.

Rekomendasi lainnya yang berkaitan dengan Buah dan Sayuran untuk Ibu hamil

  • Makanlah buah atau sayur yang bervariasi. Setiap kali Anda berbelanja, pilihlah satu jenis buah atau sayuran yang berbeda dengan sebelumnya, mungkin bisa diulang siklusnya setiap seminggu sekali.
  • Jika ingin makan mentah-mentah, pastikan sayuran dan buah tercuci dengan bersih.
  • Buatlah makanan atau minum manis yang berbahan buah.
  • Pilihlan untuk mengukus daripada merebusnya.
  • Simpan atau letakkan buah dan sayur di tempat yang mudah terlihat sehingga Anda akan slalu ingat untuk memakannya.

Untuk si buah hati, selalu makanlah buah dan sayur-sayuran yang baik untuk ibu hamil.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer