Cara Efektif Agar Cepat Menstruasi

Banyak wanita mengalami masalah menstruasi, yang paling sering adalah haid tidak teratur. Pada artikel akan dibahas khusus mengenai solusi bagi mereka yang telat haid padahal tidak hamil (tes pack negatif), baik karena masalah efek samping penggunaan kontrasepsi ataupun yang lainnya.

Jika saat ini seharusnya adalah jadwal menstruasi Anda, namun tak juga mendapatkan mens padahal sudah melakukan tes kehamilan setelah telat dua minggu dan hasilnya negatif, maka berikut ini akan kami sampaikan bagaimana Cara agar cepat menstruasi.

Berikut ini ada beberapa cara efektif agar cepat menstruasi , yang meliputi penggunaan obat atau suplemen, ramuan makanan alami, melakukan latihan, dan lain-lain.

Menggunakan Pil KB

Beberapa dokter menganjurkan penggunaan pil kontrasepsi secara teratur sebagai salah satu cara yang paling banyak digunakan dan sangat efektif untuk mengatur siklus menstruasi, terutama pada wanita dengan penyakit PCOS (Sindrom ovarium polikistik). Wanita yang berusia di bawah 35 tahun biasanya disarankan untuk menggunakan pil KB guna mengendalikan kadar hormon estrogen, progesteron, dan androgen dalam tubuh. Selain manfaat di atas, penggunaan pil KB juga dapat membantu menghilangkan jerawat, pertumbuhan rambut yang berlebihan dan gejala lain yang disebabkan oleh menstruasi yang tidak teratur.

Jahe

Salah satu bahan herbal yang digunakan agar cepat menstruasi adalah wedang jahe. Wedang jahe ini dapat membantu wanita mendapatkan menstruasi lebih cepat. Minum 2 cangkir wedang jahe perhari sudah cukup untuk mencapai tujuan ini.

Vitamin C

Vitamin C dapat membantu menghasilkan estrogen dalam tubuh yang dapat membangun lapisan rahim, membuat rahim berkontraksi dan menyebabkan perdarahan menstruasi. Untuk keperluan ini Anda membutuhkan vitamin C dosis tinggi (3000mg vitamin selama 3 hari) melalui supllemen atau sumber-sumber alami seperti jeruk, lemon, jambu biji, atu teh hijau. Lebih lanjut mnggo dibaca: Sumber-sumber vitamin C

Pastikan Anda tidak hamil sebelum mulai menggunakan vitamin C dosis tinggi karena dapat menyebabkan risiko keguguran. Meskipun Vitamin C merupakan pilihan yang layak coba agar cepat menstruasi, Namun beberapa wanita mengalami efek samping yang merugikan termasuk batu ginjal dan diare berat. Untuk meminimalisir efek samping ini, maka harus banyak minum air putih selama mengonsumsinya.

Makanan Sehat

Beberapa buah-buahan seperti nanas, pepaya, dan mangga dikenal sebagai makanan perangsang menstruasi. Sebagai contoh, minum sekitar 500 gram jus pepaya dua kali sehari sudah cukup untuk merangsang menstruasi agar cepat datang. Jika Anda tidak alergi terhadap madu, itu juga merupakan alternatif untuk merangsang haid. Satu sendok makan madu harus dilarutkan dalam air hangat dan kemudian harus diminum segera.

Batang seledri dan daunnya mengandung apiol, zat alami yang dikenal dapat merangsang kontraksi rahim. Seledri juga juga disebut sebagai makanan emmenagogic, yakni jenis tumbuhan yang telah dilaporkan dapat merangsang aliran darah pada daerah panggul dan rahim dan dipercaya memiliki manfaat agar cepat menstruasi.

Sertakan lebih banyak daging merah dalam menu makanan, karena daging merah memiliki sifat pemanasan, sehingga mungkin mempercepat datangnya haid.

Menjaga Berat Badan

Tahukah Anda bahwa status berat badan mempengaruhi menstruasi. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur dan mempengaruhi jumlah pendarahan. Hal ini karena jaringan lemak berlebih menghasilkan estrogen, yang dapat mengganggu ovulasi dan dapat lebih merangsang dinding rahim sehingga mengakibatkan menstruasi yaang berat dan sering.

Di sisi lain, perempuan yang kurus mungkin tidak memiliki kadar estrogen yang cukup untuk mendukung siklus menstruasi. Jadi, kadar estrogen yang terlalu banyak ataupun terlalu sedikit dalam tubuh wanita dapat berpengaruh pada umpan balik hormonal dan menyebabkan haid tidak teratur.

Apakah berat badanmu ideal? silahkan cek di sini: Kalkulator Berat Badan

Latihan / Olah raga

Aktivitas fisik juga mempengaruhi menstruasi. Sekitar 30 menit olahraga aerobik, seperti jalan cepat dan berjalan naik dan turun tangga, dapat melancarkan menstruasi. Selain itu, latihan perut seperti sit-up juga bisa menjadi cara agar cepat menstruasi.

memperlancar haid dengan olah raga

Kendalikan Stress

Salah satu penyebab telatnya menstruasi yang banyak dialami oleh wanita adalah stress. Jadi sebelum menerapkan beberapa cara agar cepat menstruasi yang saya tulis di atas, Anda harus terlebih dahulu mencoba beberapa langkah relaksasi untuk meredakan stres. Sebagai contoh, melemaskan otot-otot yang tegang dan pikiran dengan  mandi air hangat. Hal ini juga sekaligus mendapatkan dua keuntungan, stress hilang dan menstruasi cepat didapat, karena kompres hangat pada perut juga dapat memeperlancar aliran darah ke organ-organ reproduksi wanita, yang artinya akan membantu menstruasi menjadi lancar.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer