Cara Menentukan Masa Subur Wanita

Bagi anda yang telah memiliki istri dan ingin segera memiliki momongan atau anda ingin menunda memiliki momongan, maka Anda harus tahu bagaimana cara menentukan masa subur wanita.

Tanpa berpanjang lebar, langkah pertama yang harus anda lakukan untuk dapat menentukan masa subur instri Anda yaitu mengetahui siklus haid :

Kita ketahui bahwa wanita sehat mengalami haid setiap bulan sekali, yakni berulang siklusnya sekitar 28-30 hari. Tetapi hal ini juga bisa bervariasi ada yang singkat yakni 25 hari sekali bahkan ada yang panjang yaitu  35 hari sekali. Nah, anda harus tentukan istri anda termasuk setiap berapa hari mengulang siklusnya, dengan asumsi bahwa hari pertama siklus adalah hari pertama haid.

Yang perlu anda pahami juga, terdapat beberapa fase dalam satu sklus haid yaitu :

cara menetukan masa subur wanita

Haid hari ke 1-4

Fase ini disebut fase menstruasi – dimana pada fase ini darah haid keluar. Pada hari pertama haid datang, sebaiknya dicatat atau diberi tanda pada kalender agar tidak lupa nantinya. Sebaiknya ditandai untuk setiap bulannya.

Haid hari ke 5-13

Fase ini disebut sebagai fase follicular. Pada fasa ini, hormon estrogen meningkat. Ketika fase follicular ini, darah akan berkumpul di dinding rahim dan menebal untuk mempersiapkan diri menerima embrio. Sementara itu, di ovarium terdapat proses pematanagan telur atau ovum.

Haid hari ke 14

Fase ini disebut fase Ovulasi. Dimana pada fase ini ovarium mengeluarkan Ovum kedalam saluran reproduksi wanita. Inilah Masa Subur Wanita apabila pada saat ini ovum bertemu dengan sel sperma maka akan terjadi pembuahan.

Haid hari ke 15-28

Fase ini disebut fase luteal atau fase secretory. Apabila tidak ada proses pembuahan maka progestron semakin berkurang, sehingga dinding rahim akan luruh dan terjadi menstruasi lagi, siklus haid kembali berulang. Namun apabila ada pembuahan makan terjadilah kehamilan.

Itulah cara Menentukan waktu subur wanita berdasarkan sistem kalender.

Selain itu, untuk mempermudah perhitungan, saya juga telah menyediakan Aplikasi Kalkulator Masa subur/ovulasi.

Cara Lain Untuk Mengetahui Waktu Subur Wanita

Selain menentukan waktu subur wanita berdasarkan sistem kalender. Ada juga cara lain untuk mengetahui masa subur wanita, yaitu melalui pemeriksaan tubuh wanita. Pada masa subur, suhu tubuh wanita akan naik sedikit, suhu pada waktu pagi hari bangun tidur. Terkadang terdapat lendir cair jernih yang keluar dari kemaluan akibat meningkatnya aktivitas hormon pada saat itu.

Kapan waktu terbaik berhubungan suami-istri agar cepat mendapat momongan?

Oleh kerana telur atau ovum tidak mempunyai umur yang panjang dalam saluran reproduksi setelah terjadinya ovulasi (kira-kira 1-2 hari),  Maka kemungkinan untuk terjadi pembuahan terbatas. Namun sperma memiliki kelebihan.

Kelebihan atau kehebatan sperma yaitu ia dapat bertahan selama 3-5 hari dalam saluran reproduksi wanita. Ini berarti bahwa, jika anda ingin cepat mendapat momongan maka lakukanlah hubungan suami istri pada waktu 3 hari sebelum masa subur, atau 2 hari setelah masa subur yakni waktu antara hari ke 11-16 dari siklus haid.

Anda bisa mencoba setiap bulan untuk beberapa bulan kedepan apabila belum berhasil.

Kapan waktu terbaik berhubungan suami-istri agar Istri tidak hamil?

Waktu terbaik berhubungan intim agar tidak hamil yaitu berhubungan intim saat istri tidak berada pada masa subur, yakni hindari hari ke 11-16 siklus haidnya.

Sekian artikel mengenai cara menentukan masa subur wanita. semoga bermanfaat.

4 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer