Cara Menghentikan Haid Ketika Sudah Terlanjur Mulai

Rasa sakit dan beratnya perdarahan yang terjadi membuat menstruasi sangat tidak menyenangkan. Kebanyakan wanita ingin menghentikan haid agar rasa sakit dan ketidaknyamanan itu ikut pergi, sementara beberapa berusaha mengatasinya dengan cara lain. Apapun alasannya, banyak wanita bertanya-tanya bagaimana cara menghentikan haid yang sudah terlanjur mulai. Apakah mungkin?

Tidak, itu tidak mungkin!

Sayangnya, tidak ada cara ampuh untuk menghentikan aliran darah haid dengan seketika ketika prosesnya telah dimulai. Ada obat-obatan seperti ibuprofen yang dapat meringankan kram dan rasa sakit, tapi tidak ada cara menghentikan haid dengan seketika. Banyak wanita mengajukan pertanyaan seperti ini “jika saat ini saya mulai gunakan KB mungkin haid bisa berhenti” dan jawabannya masih tetap sama, tidak bisa. Ini adalah kenyataan yang harus diterima; ketika Anda bisa menerimanya, maka yang bisa Anda lakukan adalah mengatasi setiap keluhan yang mengiringi menstruasi atau mempercepat waktu berhentinya haid.

Tidak ada cara ampuh untuk menghentikan haid dengan seketika, hal yang bisa dilakukan adalah meringankan perdarahan dan membuat haid lebih cepat selesai dibanding biasanya.

menghentikan haid

Ini Bukan Cara Menghentikan Haid, Tetapi Untuk Meringankan dan Membuat Haid Selesai Lebih Awal

# Gunakan Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat penghilang rasa sakit yang mampu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan menstruasi dan biasanya juga bisa membuat aliran darah berkurang 50%. Dalam beberapa kasus, ibuprofen bisa menghentikan haid meskipun secara perlahan. Jadi, jika Anda bertanya-tanya tentang bagaimana cara menghentikan haid setelah dimulai, maka ibuprofen merupakan solusi yang baik. Namun ingat, jangan menggunakan lebih dari 3 sampai 4 pil dalam waktu 24 jam karena kelebihan dosis bisa berbahaya. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk pertimbangan dosis yang tepat.

# Makan Banyak Buah dan Sayuran

Makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran harus dikonsumsi setiap saat, bahkan mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan selama periode menstruasi akan membuat Anda merasa lebih baik. Kacang hijau sering disebut-sebut sebagai jawaban untuk membantu meringankan setiap gejala haid, termasuk perdarahan yang berlebihan.

# Pijat di Area Rahim

Memijat rahim pasti akan membantu melancarkan keluarnya darah mens sehingga haid lebih cepat berhenti. Anda bisa melakukan ini sendiri di kamar mandi atau yang terbaik di kamar tidur pada posisi terlentang selama beberapa menit lalu duduk atau berdiri setelah itu.

# Cuka

Meskipun cuka tidak bisa menghentikan haid seketika setelah dimulai, tapi banyak bukti yang menunjukkan bahwa cuka bisa meringankan perdarahan dan mempercepat proses haid. Ambil segelas air dan aduk sekitar 2-3 sendok teh cuka di dalamnya sebelum meminumnya. Hasil maksimal bisa didapat ketika Anda minum tiga gelas setiap hari. Jangan lakukan ini jika Anda punya Sakit Maag!

Baca: Manfaat Cuka Apel dan Cara Menggunakannya

# Buah lemon

Ini konsep yang sangat populer di kalangan wanita dan meskipun tidak ada banyak data ilmiah yang membuktikannya. Dengan mengambil sepotong lemon dan mengisapnya selama yang Anda inginkan, maka akan membantu mempercepat berhentinya haid.

# Olahraga

Tetaplah aktif dan konsisten melakukan latihan fisik atau olahraga, karena hal ini akan meringankan gejala haid dan bahkan dapat membantu mempersingkat durasi haid. latihan kekuatan, latihan kardio dan apa pun akan membuat tubuh selalu aktif. Beberapa wanita berpikir mereka tidak boleh berolahraga pada saat menstruasi, tapi sayangya itu bukanlah anggapan yang tepat. Justru olah raga akan membantu mempercepat berhentinya haid dan bahkan bisa meringankan nyeri haid.

# Gunakan pil KB dan Suplemen Hormonal

Anda mungkin berpikir bahwa suplemen hormon dan pil efektif hanya jika Anda tidak ingin hamil, tetapi ternyata Anda dapat menggunakan pil KB atau suplemen hormonal berturut-turut untuk mempersingkat menstruasi. Beberapa pil hormonal bahkan dapat membuat lapisan rahim meluruh dengan cepat, yang akan membuat menstruasi terjadi lebih cepat. Namun, Anda harus mendiskusikan pilihan ini dengan dokter terlebih dahulu sehingga Anda bisa mendapatkan pilihan pil yang tepat dan cara penggunaan yang tepat.

Baca: Efek Samping Pil KB, yang Harus Anda Tahu!

# Cobalah Akupunktur

Akupunktur adalah jawaban lain bagaimana menghentikan haid lebih cepat. Ini adalah teknik pengobatan alternatif yang melibatkan penusukan jarum ke titik-titik tertentu dalam tubuh untuk menghilangkan rasa sakit. Teknik ini juga akan membantu melancarkan menstruasi. Jadi, utarakanlah kepada ahli akupunktur baha Anda ingin menghentikan haid lebih cepat atau meringankan rasa sakit dan perdarahan.

# Vitamin C

Mengonsumsi dosis besar vitamin C akan mengurangi jumlah progesteron dalam rahim, yang pada gilirannya akan membantu meluruhkan dinding rahim lebih cepat. Ini akan membantu masa menstruasi lebih cepat berakhir. Pastikan untuk minum banyak air saat mengambil vitamin C, dan meminta saran dokter apakah Anda boleh menggunakan vitamin C dalam dosis yang besar.

Baca: Vitamin C : Manfaat, Sumber, Efek Kekurangan dan Kelebihan

# Lancarkan Aliran Darah di perut dan Rahim

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu meningkatkan aliran di daerah rahim untuk mengakhiri menstruasi dengan lebih cepat.

  • Terapkan bantal pemanas atau botol berisi air hangat dan letakkan di perut bagian bawah, hal ini bertujuan untuk meringankan kram menstruasi dan melebarkan pembuluh darah di daerah itu, yang pada gilirannya akan membantu keluarnya darah haid dengan lebih cepat.
  • Pijat rahim untuk meringankan kram (seperti penjelasan sebelumnya)

Baca: 5 Tips Memperlancar Haid dengan Efektif dan Aman

Menikmati mandi air hangat juga dapat membantu mengehtikan haid lebih cepat. Berendam di dalam air hangat adalah cara yang bagus untuk meningkatkan panas tubuh dan membuat rileks otot-otot perut sehingga dapat melebarkan dan meningkatkan aliran darah ke rahim.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer