Cara Menjaga Kehamilan Muda

Senangnya ketika berita bahagia itu datang, tapi ingat! ini barulah permulaan. Tugas kita selanjutnya adalah menjaga kehamilan itu supaya tetap sehat, baik kesehatan ibu mupun janinnya. Menjaga seperti pada setiap karunia yang diberikan Oleh-Nya.

Kehamilan akan berlangsung sekitar 40 minggu, dan dipecah menjadi trimester. Trimester pertama berarti 12 minggu pertama, 12 minggu berikutnya disebut timester kedua dan seterusnya. Kehamilan tirmester pertama adalah saat di mana tubuh wanita mulai menyesuaikan diri dengan kehidupan baru di dalamnya, dan masa ini adalah yang paling rentan terjadinya masalah pada kandungan misalnya keguguran (jangan sampai). Oleh karena itu kita fokuskan bahasan kita yaitu Cara Menjaga Kehamilan Muda yang artinya kehamilan pada trimester pertama.

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menjaga kehamilan Muda Anda:

Tetukan Dokter atau Bidan Anda. Sangat dianjurkan untuk segera memilih dokter kandungan atau bidan sebagai partner medis yang akan membantu memeriksa atau mengontrol kesehatan Anda selama kehamilan sampai persalinan tiba. Hal ini penting karena selama kehamilan diperlukan pemeriksaan rutin yang tidak hanya sekali. Silahkan baca: Jadwal Pemeriksaan Kehamilan

Suplemen Ibu Hamil. Satu vitamin yang tidak boleh terlewatkan untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat yaitu Asam Folat. Janin akan membutuhkan setidaknya 0,4 miligram (400 mikrogram) asam folat untuk membantu perkembangan otak dan mencegah cacat tabung saraf. Tanyakan kepada dokter apakah perlu vitamin atau suplemen tambahan lainnya.

Makan makanan Sehat. Pilihlah buah-buahan segar dan sayuran, protein tanpa lemak dan biji-bijian. Menjaga asupan dengan makanan bergizi akan memastikan bayi berkembang dengan baik karena terpenuhi semua kebutuhan nutrisinya. Lebih lanjut silahkan baca: Makanan sehat ibu hamil serta Buah yang baik untuk Ibu hamil

menjaga hamil muda

Hindari Pantangan. Untuk menjaga kehamilan Anda, dokter atau bidan akan memberi petunjuk makanan apa saja yang tidak boleh untuk ibu hamil sebagai pantangan. Sebagai contoh sushi, alkohol, daging mentah atau kurang matang dan keju yang belum diproses. Lebih lanjut bisa baca di sini: Pantangan Makanan Ibu hamil muda

Minum banyak air. The American Pregnancy Association merekomendasikan ibu hamil untuk minum lebih banyak. Hal ini bertujuan untuk menjaga cairan bergerak ke seluruh tubuh dan dapat mengurangi risiko kaki bengkak, sembelit dan kelelahan.

Olah Raga Teratur. Tetap aktif selama hamil akan membuat ibu hamil tetap berenergi dan bugar, yang akan membantu merasa lebih baik selama kehamilan dan meningkatkan peluang untuk persalinan yang aman dan sehat. Carilah komunitas atau latihan-latihan khusus ibu hamil. Bentuk olah raga populer termasuk aerobik, yoga dan berjalan.

Istirahat Cukup. Sempatkan untuk tidur siang walaupun sebentar dan mulai tidur malam lebih awal, jangan tidur larut malam atau begadang. Tidur yang cukup akan baik untuk kesehatan tubuh, pikiran, serta perkembangan janin.

Hindari Asap merokok. Paparan asap rokok atau merokok saat hamil dapat menyebabkan berat badan lahir rendah dan meningkatkan risiko masalah kesehatan bagi janin yang dikandung. Jadi untuk menjaga hamil muda agar selalu sehat, hindarilah asap rokok sekarang juga.

Cermati Setiap Gejala. Pada kehamilan muda (trimester pertama) sering muncul gejala-gejala yang meliputi morning sickness (mual-mual saat hamil), kelelahan, gangguan pencernaan (sembelit), mulas, kembung dan perubahan suasana perasaan. Konsultasikan dengan dokter atau bidan mengenai setiap gejala yang muncul jangan asal minum obat untuk mengatasi gejala. Hal ini sangat penting untuk menjaga kehamilan muda Anda.

Disamping itu, Ibu hamil muda normalnya tidak mengalami menstruasi atau pendarahan, namun beberapa wanita mungkin mengalami bercak kecil (flek) atau spotting dan itu tidak masalah dan dapat diatasi dengan istirahat total (setelah dikonfirmasi oleh dokter). Tapi ingatlah! Segera hubungi dokter atau bidan jika Anda mengalami perdarahan banyak seperti menstruasi, atau banyak gumpalan darah.

Semoga kehamilan Anda selalu sehat, hingga tibalah waktu yang dinantikan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer