Kaki Bengkak Saat Hamil? Ini Tips Mengatasinya

Kehamilan adalah anugerah terindah yang diberikan kepada kaum hawa, rasa bahagia, lebih disayang suami, dan sebagainya. Namun pada saat ini tubuh wanita mengalami perubahan yang signifikan, perut membesar, rasa lemah, dan tak kalah penting masalah kaki bengkak saat hamil.

Ada banyak faktor kenapa terjadi kaki bengkak saat wanita sedang hamil. Faktor pertama adalah pada saat hamil tubuh lebih banyak mempertahankan cairan selama kehamilan. Faktor kedua, pembesaran pada rahim dapat menekan pembuluh darah balik, sehingga mengganggu kembalinya darah dari kekai ke jantung sehingga banyak darah (cairan) yang tertahan di kaki akhirnya kaki mudah bengkak. Faktor selanjutnya yang juga menyebabkan kaki bengkak saat hamil yaitu faktor hormononal.

Jadi sebenarnya, masalah kaki bengkak ini merupakan kondisi yang normal pada ibu hamil, meskipun ini sering kali menimbulkan penderitaan dan rasa khawatir. Namun adapula kondisi yang tak normal sehingga berbahaya, untuk itu kami sarankan untuk membaca juga artikel kami lainnya mengenai kaki bengkak saat hamil, normal atau tidak?

mengatasi kaki bengkak saat hamil

Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil?

Untuk mengurangi bengkak pada kaki yang menimbulkan penderitaan, berikut beberapa tips yang efektif dan aman mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil:

Elevasi

Maksudnya adalah meletakkan kaki pasa posisi yang tinggi, hal ini menganut hukum gravitasi dan sifat air, di mana air selalu mencari tempat yang lebih rendah. Jadi ketika kaki ibu hamil bengkak, maka letakkan kaki pada posisi yang tinggi, misalnya pada saat tidur kaki diganjal dengan bantal dan sebagainya, sehingga kaki lebih tinggi dari dada (jantung).

Tidur Miring

Ibu hamil dianjurkan untuk tidur pada posisi miring ke kiri, hal ini bertujuan agar rahim tidak menekan pembuluh darah vena cava inferior – vena besar yang mengembalikan darah dari bagian bawah tubuh (termasuk kaki) ke jantung sehingga aliran darah bisa lancar dan dengan demikian dapat mengatasi dan mencegah kaki bengkak.

Olahraga Ringan

Latihan ringan akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan dapat membuang penumpukan cairan dan racun. Apalagi dikombinasi dengan banyak minum.

Kenakan stoking kompresi

Dokter mungkin merekomendasikan ibu hamil yang kakinya bengkak untuk mengenakan celana ketat pada daerah kaki atau mengenakan stoking di siang hari.

Pijat

Pemijatan kaki akan meredakan ketegangan serta memperlancar aliran darah, sehingga dengan demikian dapat membantu mengatasi kaki bengkak saat hamil dengan aman, asalkan dilakukan dengan hati-hati dan perlahan-lahan.

Rendam Kaki

Rendam kaki dalam air garam hangat, lalu pijat dengan minyak jojoba dengan menyertakan juga beberapa tetes minyak peppermint, beberapa tetes minyak jeruk (agen anti-inflamasi), dan beberapa tetes minyak jahe untuk mengurangi pembengkakan dan meningkatkan sirkulasi arah. Merendam kaki di air dingin juga dapat membantu mengatasi kaki bengkak dan mengurangi rasa sakit atau panas yang ditimbulkannya.

Hidrasi

Tetap terhidrasi dengan baik, melalui banyak minum. Tahukah Anda bahwa pembengkakan sering disebabkan oleh ketidakseimbangan antara natrium dan air. Ketidakseimbangan ini juga mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mempertahankan suhu yang nyaman (sehingga Anda mungkin merasa benar-benar panas).

Jangan beranggapan bahwa ketika ada pembengkakan maka harus mengurangi minum, namun yang benar adalah tetaplah terhidari dengan baik dengan minum yang cukup. The Institute of Medicine merekomendasikan sekitar 10 gelas (2,3 liter) cairan sehari selama kehamilan.

Kurangi Asupan Natrium

Seperti penjelasan di atas, bahwa kebanyakan natrium dalam tubuh akan mempermudah timbulnya bengkak. Untuk itu kurangi asupan makanan yang mengandung natrium tinggi seperti ikan asin, mie instan, dan makanan-makanan yang terasa asin lainnya.

Tips Tambahan untuk Mengatasi Kaki Bengkak

  • Jangan menyilangkan kaki (duduk bersila). Hal ini akan menghambat sirkulasi darah dari paha dan kaki.
  • Jangan terlalu lama berdiri, atau berjalan kaki jauh.
  • Berjalan di atas genangan air atau kolam renang juga dapat membantu mengatasi kaki bengkak saat hamil yang menyenangkan.
  • Memakai sepatu yang nyaman.
  • Hindari makanan apa pun yang asin. Terlalu banyak sodium (natrium) memaksa tubuh untuk menyimpan air di tangan, kaki, dan perut.

Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan dan Cara Mengatasi

Meskipun kaki bengkak selama kehamilan yang ringan umumnya adalah normal, namun pembengkakan yang muncul mendadak dan menyakitkan – terutama jika itu hanya di satu kaki – bisa menjadi gejala dari bekuan darah (trombosis vena dalam). Kaki bengkak yang mendadak makin parah juga bisa disebabkan oleh tekanan darah yang lebih tinggi dari normal, yang dapat menjadi tanda preeklamsia. Kedua kondisi kaki bengkak saat hamil yang seperti ini memerlukan evaluasi medis dan pengobatan yang tepat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer