Kehamilan Trimester Kedua

Setelah membahas Kehamilan Trimester pertama, maka untuk melanjutkannya saya sajikan Kehamilan Trimester Kedua ini. Selama kehamilan trimester II, berat badan ibu hamil akan bertambah sekitar 6 kilogram, sedangkan berat janin sekitar 1 kilogram. Berat lainnya terdistribusi di plasenta, rahim, payudara dan bertambahnya volume darah.

  • Selama periode Kehamilan Trimester Kedua ini beberapa tes dapat dilakukan, terutama jika usia Anda lebih dari 35 tahun atau ada masalah kesehatan keluarga.
  • Mungkin diperlukan USG untuk memeriksa pertumbuhan dan kesehatan Janin.
  • Anda dianjurkan melakukan pemeriksaan kehamilan atau antenatal care (ANC) secara teratur yang sebelumnya telah saya bahas di Jadwal Pemeriksaan Ibu Hamil.

Ingatlah untuk terus berhati-hati dengan makanan (baca : Pantangan makanan ibu hamil), olahraga, menjaga diri sendiri dan beristirahat sebanyak mungkin.

Sekitar delapan dari 10 wanita hamil mengalami ngidam untuk setidaknya terhadap satu makanan tertentu. Beberapa mendambakan makanan manis sementara yang lain ingin makanan ringan yang lebih asin, makanan pedas atau makanan berlemak. Antara 50 dan 80 persen dari mereka ingin menghindari beberapa makanan yang padahal sebelum hamil mereka menyukainya. Namun demikian jangan lewatkan Makanan sehat untuk ibu hamil.

Usia Kehamilan 13 Minggu
Ibu Hamil
Jika mengalami morning sickness di awal kehamilan, biasanya akan berkurang bahkan hilang pada periode ini tetapi beberapa wanita masih juga merasakannya. Bicaralah dengan bidan atau dokter jika morning sickness masih menjadi masalah. Mulai sekarang rahim akan tumbuh lebih besar dan perut akan menjadi lebih terlihat.

Janin
Janin Anda sekarang sepenuhnya terbentuk dan terlihat seperti manusia kecil. Sebagian besar organ organ dalam janin mulai bekerja.

Usia Kehamilan 14 Minggu
Ibu Hamil
Rahim Anda sekarang seukuran sebuah jeruk besar. Garis gelap di bagian tengah perut Anda mungkin mulai muncul. Ini disebut Linea nigra. Ini adalah pigmentasi gelap pada kulit, dan biasanya akan memudar setelah bayi lahir.

Janin
Janin Anda sekarang memiliki alis dan sejumlah kecil rambut di kepala nya dan ukuran panjang janin sekitar 12 cm. Janin mendapatkan semua makanan dari plasenta – mereka juga minum beberapa cairan ketuban di sekelilingnya dan dapat buang air kecil.

Usia Kehamilan 15 Minggu
Ibu Hamil
Ada banyak darah di tubuh Anda sekarang karena bayi Anda membutuhkan lebih banyak oksigen untuk pertumbuhannya. Jantung akan bekerja 20 persen lebih keras untuk memompa darah ekstra ini ke seluruh tubuh.

Janin
Rambut di kepala dan alis janin menjadi kasar. Jika janin memiliki warisan (genetik) kecenderungan untuk rambut hitam, pigmen kini mulai terbentuk di folikel rambut.

Usia Kehamilan 16 Minggu
Ibu Hamil
Pada kunjungan antenatal, dokter memeriksa ukuran rahim Anda, yang kini telah melewati panggul. Tekanan darah Anda akan diperiksa dan apakah pada tangan dan kaki terdapat bengkak, akan diperiksa pada setiap kunjungan mulai sekarang. Untuk informasi lebih lanjut lihat topik Jadwal kunjungan antenatal.

Janin
Rambut berbulu halus halus (disebut lanugo) mulai terbentuk di atas tubuh janin dan bulu mata mulai tumbuh. Pada tahap ini, janin mungkin ditemukan sedang mengisap jempolnya! Janin sekarang memiliki panjang sekitar 16 cm dan berat sekitar 135 g.

Usia Kehamilan 17 Minggu
Ibu Hamil
Beberapa wanita menemukan hidung mereka menjadi tersumbat dan kadang-kadang berdarah tanpa alasan yang jelas. Ini adalah masalah umum selama kehamilan dan ini mungkin karena hormon-hormon kehamilan yang menyebabkan membran hidung menjadi tipis dan membengkak.Jika hidung Anda tersumbat, jangan meniup terlalu keras, karena hal ini dapat menyebabkan mimisan.

Janin
Pertumbuhan janin sekarang telah mendorong bagian atas rahim Anda dan ini bisa dirasakan antara tulang kemaluan dan pusar. Mulai sekarang, janin Anda beratnya melebihi plasenta (ari-ari).

Usia Kehamilan 18 Minggu
Ibu Hamil
Anda mungkin melihat adanya cairan yang keluar dari puting susu dalam jumlah yang kecil, yang disebut kolostrum. Ini adalah tanda bahwa Anda sedang mengembangkan payudara sehingga Anda akan dapat menyusui bayi Anda nantinya. Banyak wanita tidak melihat cairan apapun selama kehamilan tetapi akan menemukan kolostrum muncul ketika bayi mereka lahir.

Janin
Janin Anda sekarang memiliki panjang sekitar 19 cm dan berat sekitar 170 g. Bayi Anda dapat menendang, menggenggam dan mengisap.

Usia Kehamilan 19 Minggu
Ibu Hamil
Setiap waktu, Anda mungkin merasa bayi Anda bergerak atau menendang-nendang. Jika ini bayi kedua atau ketiga, Anda mungkin telah memperhatikan gerakan-gerakan ini sebelumnya.

Janin
Gigi pertama janin Anda muali tumbuh di gusi dan begitu juga tunas untuk gigi permanen.

Usia Kehamilan 20 Minggu 
Ibu Hamil
Fundus (puncak rahim) sekarang setinggi pusar dan dokter atau bidan akan melakukan palpasi (meraba) perut untuk memeriksa ukuran rahim Anda.

Janin
Kulit bayi Anda mulai berwarna putih, lapisan lilin yang disebut vernix. vernix menempel ke lanugo (rambut berbulu halus) pada seluruh permukaan kulit janin, untuk melindunginya dan menjaganya agar tetap lembab.

Usia Kehamilan 21 Minggu
Ibu Hamil
Beberapa ibu hamil mulai mengalami masalah dengan mulas atau gangguan pencernaan, yang tidak nyaman dan menjengkelkan. Anda dapat meredakan sakit maag dengan cairan atau tablet antasid – silakan tanyakan kepada dokter atau bidan untuk merekomendasikan produk yang cocok untuk digunakan bagi ibu hamil.

Janin
Berat janin anda sekitar 340 g dan bergerak dengan bebas dalam cairan ketuban di dalam rahim.

Usia Kehamilan 22 Minggu
Ibu Hamil
Gusi Anda bisa bengkak dan berdarah saat Anda menyikat gigi. Pembengkakan adalah akibat dari hormon-hormon kehamilan. Secara emosional, sedang labil dan mungkin lebih sensitif dari biasanya.

Janin
Sekarang janin memiliki panjang sekitar 25 cm.

Usia Kehamilan 23 Minggu
Ibu Hamil
Beberapa wanita mengalami nyeri perut seperti di satu sisi perut mereka. Hal ini karena ligamen rahim mengalami peregangan karena makin membesarnya rahim. Rasa sakit biasanya akan hilang setelah beristirahat dan itu tidak perlu khawatir. Namun, jika rasa sakit tidak hilang, atau jika Anda mengalami perdarahan atau cairan vagina dengan rasa sakit, maka Anda harus pergi ke dokter atau bidan dan berbicara tentang hal itu.

Janin
Janin Anda kini memiliki pola aktivitas dan tidur, dan ini mungkin berbeda dari Anda! Bayi Anda mungkin akan lebih aktif ketika Anda sedang tidur.

Usia Kehamilan 24 Minggu
Ibu Hamil
Anda juga dapat mulai merasakan kontraksi Braxton Hicks, dimana rahim Anda berlatih untuk bisa berkontraksi saat melahirkan kelak. Perut Anda akan terasa keras ketika Anda mengalami kontraksi ini. Ini adalah bagian normal dari kehamilan. Jika kontraksi menjadi lebih kuat, peningkatan frekuensi dan bertahan lebih lama, hubungi dokter atau bidan.

Janin
Bayi Anda berkembang pesat sekarang dan organ internal mereka semua terbentuk dan matang, kecuali paru-paru. Jika bayi Anda lahir pada tahap ini mungkin belum cukup umur untuk memiliki kesempatan bertahan hidup di luar kandungan, sehingga perlu perawatan intensif di unit neo-natal (NICU).

Usia Kehamilan 25 Minggu
Ibu Hamil
Ketika Anda tidur di malam hari, Anda mungkin merasakan kram pada kaki. Ini adalah masalah umum selama kehamilan Hal ini tidak serius dan tidak akan membahayakan bayi Anda, tetapi bisa menjadi sangat tidak nyaman bagi Anda.

kehamilan trimester II

Usia Kehamilan 26 Minggu
Ibu Hamil
Anda mungkin akan merasakan pukulan berirama rendah di perut Anda yang dapat berlangsung selama 15 sampai 30 menit. Ini adalah cegukan bayi Anda!

Janin
Janin Anda sekarang memiliki panjang sekitar 33 cm dan beratnya sekitar 500g. Sekarang janin anda mungkin dapat membuka dan menutup matanya.

Usia Kehamilan 27 Minggu
Ibu Hamil
Janin akan semakin tumbuh dengan cepat selama waktu ini, sehingga berat badan ibu hamil akan bertambah secara teratur dari sekarang sampai sekitar kehamilan 36 minggu. Teruslah meng-konsumsi makanan yang sehat.

Janin
Kulit bayi Anda mulai berubah dari transparan (tembus) menjadi buram.

Usia Kehamilan 27 Minggu
Ibu Hamil
Rahim Anda sekarang akan jauh di atas pusar.

Janin
Janin Anda sekarang memiliki panjang sekitar 38 cm, beratnya sekitar 900g. Pada antenatal care, dokter atau bidan akan memeriksa ukuran bayi dan sering bagian tubuh tertentu, seperti kepala, bagian bawah dan tungkai.

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer