Kehamilan Trimester Ketiga

Tulisan berjudul Kehamilan Trimester Ketiga ini merupakan kelanjutan dari Kehamilan Trimester Pertama dan Kehamilan Trimester Kedua yang telah kami bahas sebelumnya. Selama 3 bulan terakhir kehamilan, Ibu hamil  mungkin khawatir atau cemas menghadapi saat-saat melahirkan nantinya.

Selama hamil trimester III ini berat badan akan bertambah sekitar 5 kilogram. Sebagian besar berat badan ini berasal dari bayi, cairan ketuban, plasenta, payudara, rahim dan penambahan volume darah.

Pemeriksaan antenatal (ANC) akan lebih sering selama periode ini yakni setiap 4 minggu sampai 36 minggu, kemudian 2 minggu sekali setelah itu, yang sebelumnya telah saya bahas di Jadwal Pemeriksaan Kehamilan. Dokter atau bidan akan terus memantau kemajuan kehamilan untuk memastikan semua berjalan dengan baik.

Masalah-masalah yang sering dialami ibu hamil selama kehamilan trimester tiga ini antara lain nyeri punggung, kesulitan tidur, dan sedikit sesak karena tekanan pada paru-paru oleh rahim yang semakin membesar. Kontraksi Braxton Hicks (mengencangnya otot-otot rahim) akan semakin sering, berlangsung sekitar setengah menit, tidak teratur dan tidak menyakitkan. Kontraksi ini bukanlah kontraksi persalinan, kalau kontraksi persalinan semakin lama semakin sering dan menimbulkan rasa sakit.

Kehamilan 29 Minggu

Ibu Hamil
Organ dalam ibu hamil terasa terdorong. Hal ini karena rahim semakin membesar sedangkan disekitarnya terdapat diafragma, perut, hati dan usus.Beberapa ibu hamil berhenti bekerja sekitar waktu ini karena mulai merasa lebih lelah.

Janin
Janin Anda sekarang sekitar sepertiga dari ukuran kelahirannya.

Kahmilan 30 Minggu

Ibu Hamil
Hormon kehamilan akan melunakkan ligamen. Karena perlunakan ini dan meningkatnya berat badan janin akan dapat menyebabkan masalah sakit punggung. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga postur yang baik ketika Anda sedang berdiri atau duduk. Cobalah menempatkan bantal di belakang punggung Anda ketika Anda sedang duduk. Berhati-hatilah saat mengangkat, dan hindarilah memakai sepatu hak tinggi dari sekarang.

Janin
Mata janin meulai belajar bagaimana untuk bisa fokus.

Kehamilan 31 Minggu

Ibu Hamil
Ibu hamil mungkin sesekali mulai merasa sesak karena bayi mendorong ke arah paru-paru Anda, terutama ketika Anda sedang duduk. Perasaan ini normal dan tidak berarti bahwa Anda atau bayi Anda semakin kurang oksigen.

Bayi
Paru-paru bayi sudah matang, namun masih perlu mengembangkan surfaktan, suatu zat yang memungkinkan bayi untuk bernapas setelah lahir.

Kehamilan 32 Minggu

Ibu Hamil
Kebanyakan bayi akan mulai menetap pada posisi kepala di bawah di dalam rahim. Hal ini karena bagian atas rahim lebih besar dan memungkinkan lebih banyak ruang untuk bagian terbesar dari bayi, yang berupa pantat bayi, paha sampai kaki. Pada tahap ini bayi masih memiliki banyak ruang untuk bergerak di sekitar rahim.

Bayi
Berat bayi anda sekarang sekitar 1,8 kg, dan panjang sekitar 41 cm.

Kehamilan 33 Minggu

Ibu Hamil
Ibu hamil mulai merasakan gerakan bayi yang lebih aktif, menendang-nendang.

Bayi
Bayi Anda sekarang mulai membentuk cadangan lemak di bawah kulit, dan berkembang cepat.

Kehamilan 34 Minggu

Ibu hamil
Pada pemeriksaan, dokter atau bidan akan memeriksa pertumbuhan bayi dan jangan lupa tanyakan apakah bayi Anda bergerak aktif dan teratur. Ibu hamil dianjurkan beristirahat sebanyak yang Ia bisa dengan kaki ditinggikan, terutama jika mengalami pembengkakan di kaki atau pergelangan kaki. Mulai sekarang ibu hamil harus menghindari berbaring telentang karena dalam posisi ini berat bayi dan rahim dapat menekan pembuluh darah utama dan mungkin dapat menyebabkan pingsan.

Bayi
Bayi sekarang dapat membedakan antara gelap dan terang dan kulit mereka menjadi lebih halus dan lebih sedikit berkerut.

Kehamilan 35 Minggu

Ibu Hamil
Ibu hamil akan buang air kecil (kencing) lebih sering karena kepala bayi mendorong kandung kemih. Ketika tertawa, bersin atau batuk bisa terkencing tak terkontrol.

Bayi
Searang bayi berukuran sekitar 44 cm dan berat sekitar 2,5 kg.

Kehamilan 36 Minggu

Ibu Hamil
Kepala bayi mungkin mulai bergerak ke bawah memasuki panggul ibu dan menetap (engage) . Karena posisi kepala bayi sudah di bawah maka rasa sesak pun akan berkurang bahkan hilang karena tidak ada lagi yang mendorong ke arah paru-paru.

Kepala janin- sebelum dan sesudah engage

Kepala janin- sebelum dan sesudah engage

Sekitar 4 di setiap 100 bayi tetap dalam posisi sungsang (kepala tidak turun ke bawah) pada akhir kehamilan.  Jika bayi Anda tetap dalam posisi ini beberapa dokter mungkin mencoba untuk mengubah posisinya agar kepala bayi berada di bawah yang merupakan posisi ideal untuk kelahiran nantinya. Jika bayi tidak dapat diubah, dokter dapat merekomendasikan bahwa kelahiran akan melalui operasi sesar.

Bayi
Saat ini Bayi Anda hampir sepenuhnya “matang”.

Kehamilan 37 Minggu

Ibu Hamil
Pola tidur ibu hamil mungkin akan terganggu dan mungkin merasa sulit untuk tidur nyenyak dan nyaman.

Bayi
Bayi Anda sekarang panjangnya sekitar 50 cm, dan dapat berlatih gerakan bernapas, tapi tentu saja tidak ada udara di paru-parunya.

Kehamilan 38 Minggu

Ibu hamil
Pergerakan sedikit berkurang karena ada sedikit ruang untuk bergerak dan bukan gerakan seluruh tubuh, Anda hanya dapat merasakan hentakan dari kaki atau lututnya. Anda juga dapat merasakan sensasi di dalam vagina Anda karena kepala bayi bergerak melawan otot panggul Anda.

Bayi
Berat Bayi sekarang sekitar 2,9 kilogram.

Kehamilan 39 Minggu

Ibu Hamil
Serviks Anda akan mengalami pelunakan untuk mempersiapkan persalinan. Anda juga mungkin mengalami kontraksi Braxton Hicks yang cukup kuat. Rasa lelah pun akan semakin bertambah dan tinggal menunggu persalinan tiba.

Bayi
Refleks Mengisap dan bernafas sudah ada, dan bayi Anda sepenuhnya siap untuk hidup di dunia luar.

Kehamilan 40 Minggu

Ibu Hamil
Meskipun tanggal taksiran persalinan telah tiba, tapi ingat bahwa persalinan bisa saja terjadi sekitar seminggu sebelum atau sesudah tanggal tersebut.

Bayi
Saat ini keadaan bayi sudah “full-term” alias sudah benar-benar “matang”, memiliki berat sekitar 2,7-3,5 kg. tapi bisa juga memiliki bobot sekitar 2,5 sampai 5 kg. Memiliki panjang 35-38 cm diukur dari puncak kepala sampai bokong dan 44 sampai 55 cm diukur dari kepala ke jari kaki.

2 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer