Kehamilan Trimester Pertama

Ini merupakan kelanjutan dari artikel yang berjudul Kehamilan dari Minggu ke Minggu disana telah dibahas awal kehamilan yang bermula dari pembuahan atau konsepsi nah, sekarang ayo kita bahas mengenai kehamilan pada trimester pertama. Pada usia kehamilan trimester pertama atau disebut juga 3 bulan pertama (12 minggu pertama), penambahan berat badan ibu  hamil biasanya sekitar 1 atau 2 kilo, atau mungkin kurang  jika ibu hamil mengalami morning sickness. Sebagian besar berat ini berada di plasenta (ari-ari), di payudara, rahim dan akbibat dari bertambahnya volume darah pada ibu hamil.

  • Selama kehamilan tubuh ibu hamil bekerja lebih keras, detak jantung dan tingkat pernapasan akan lebih cepat.
  • Hormon dapat membuat payudara menjadi lebih lembut ketika disentuh, dan menjadi lebih besar dan lebih berat.
  • Rahim akan mendapatkan lebih besar dan memberikan tekanan pada kandung kemih sehingga buang air kecil (buang air) manjadi lebih sering dengan kata lain lebih sering kebelet kencing.

Artikel Kehamilan Trimester Pertama ini akan menjelaskan ringkasan dari minggu ke minggu tentang apa yang terjadi pada tubuh ibu hamil dan bayi selama kehamilan. Jangan khawatir jika ternyata kondisi Anda berbeda dari yang ada dalam artikel ini, karena setiap wanita akan mengalami kehamilannya sedikit berbeda.

Selalu konsultasikan segala keprihatinan atau kekhawatiran yang mengahmpiri Anda selama kehamilan dengan dokter atau bidan.

Usia Kehamilan 3 Minggu

Yang terjadi Pada ibu hamil 3 Minggu
Usia kehamilan dihitung dari hari pertama haid terakhir. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki siklus mens teratur selama empat minggu, minggu ke-3 kehamilan Anda benar-benar akan menjadi minggu pertama setelah bayi Anda dikandung. Pada tahap ini, terkadang Anda belum tahu bahwa Anda sedang hamil.

Janin Usia Kehamilan 3 Minggu
Selama minggu ke 3 telur yang telah dibuahi akan tertanam ke dalam lapisan rahim.

Usia Kehamilan 4 Minggu

Yang terjadi Pada ibu hamil 4 Minggu
Pada tahap ini Anda belum terlambat haid, sehingga terkadang Anda belum tahu bahwa Anda sedang hamil.

Janin Usia Kehamilan 4 Minggu
Lapisan sel yang spesifik mulai berkembang, dan akan membentuk organ-organ bayi yang penting, seperti sistem saraf, tulang, otot dan darah.

Usia Kehamilan 5 Minggu

Yang terjadi Pada ibu hamil 5 Minggu
Pada minggu ke 5, menstruasi sudah terlambat sehingga Anda mungkin mulai berpikir bahwa mungkin saja Anda hamil dan Anda mungkin memperhatikan bahwa payudara Anda sedikit
lebih besar dan lembut untuk disentuh. Segera setelah haid terlambat sehari, Anda dapat melakukan tes kehamilan. Anda dapat pergi ke dokter untuk tes kehamilan atau Anda dapat membeli tes pack di apotek.

Beberapa wanita mungkin sudah mengalami mual dan muntah pada saat ini. Hal ini dikenal sebagai morning sickness namun sebenarnya dapat terjadi kapan saja, siang atau malam. Tingkat keparahan morning sickness dan berapa lama berlangsungnya sangat bervariasi dari satu wanita dengan yang lain. Bagi kebanyakan ibu hamil yang mengalami morning sickness, biasanya makin parah pada akhir trimester pertama.

Janin Usia Kehamilan 5 Minggu
Pada minggu ke 5, ukuran janin sekitar 2 mm. Tulang, sum- sum tulang belakang, otak, dan otot sudah mulai terbentuk.

Usia Kehamilan 6 Minggu

Yang terjadi Pada ibu hamil 6 Minggu
Anda mungkin merasa sangat lelah pada tahap awal kehamilan. Olahraga ringan yang teratur seperti berenang atau berjalan akan membantu Anda merasa kurang lelah dan lebih mampu menjalani kehamilan.

Janin Usia Kehamilan 6 Minggu
Pada akhir minggu ini, bayi Anda (disebut embrio) memiliki detak jantung. Darah akan mengalir ke janin dan dikeluarkan sepanjang tali pusat ke plasenta. Plasenta atau ari-ari adalah organ yang bertindak sebagai filter yang memungkinkan oksigen dan nutrisi agar lolos ke embrio, karbon dioksida dan produk limbah akan dihilangkan melalui plasenta juga.

Usia Kehamilan 7 Minggu

Yang terjadi Pada ibu hamil 7 Minggu
Beberapa wanita menjadi cukup emosional selama minggu-minggu awal kehamilan – hal ini disebabkan terutama oleh hormon kehamilan. Beberapa ibu hamil mungkin melihat bahwa payudara mereka lebih besar dan daerah (areola) sekitar puting mereka lebih gelap.

Janin Usia Kehamilan 7 Minggu
Sumsum tulang belakang bayi dan otak sedang berkembang dan bayi Anda terletak dalam kantung membran dan didukung oleh cairan yang dikenal sebagai cairan ketuban. Lubang hidung dan bibir sekarang muncul di wajah dan mata dapat dilihat di bawah kulit.

Usia Kehamilan 8 Minggu

Yang terjadi Pada ibu hamil 8 Minggu
Menghindari bebrapa makanan tertentu karena rasa mual bahkan beberapa wanita juga memiliki rasa seperti logam di mulutnya, mungkin hal ini disebabkan oleh hormon kehamilan. Anda mungkin perlu untuk buang air kecil (kencing) lebih sering karena peningkatan tekanan pada kandung kemih  akibat rahim yang semakin membesar.

Janin Usia Kehamilan 8 Minggu
Janin sekarang sudah menyerupai wujud manusia – anggota badan janin dapat dilihat, tangan dan kaki terbentuk lebih sempurna semua ini meruapakan pertumbuhan yang luar biasa, janin ini sekarang berukuran sekitar 1,3 cm.

Usia Kehamilan 9 Minggu

Yang terjadi Pada ibu hamil 9 Minggu
Pada periode ini kulit ibu hamil menjadi lebih berminyak karena aktifitas hormon-hormon kehamilan. Tapi tidak semua wanita mengalami hal ini, dan beberapa mungkin berjerawat karena peningkatan minyak pada kulit ini. Akan tetapi, beberapa wanita memiliki masalah yang berlawanan, kulit mereka malah menjadi sangat kering. Apapun itu, pastikan Anda minum banyak air (6-8 gelas per hari) yang akan membantu kulit Anda agar tetap sehat.

Janin Usia Kehamilan 9 Minggu
Pada akhir minggu ini, bayi Anda sekarang disebut fetus, bukan embrio lagi. Anggota badan tumbuh dengan cepat dan jari tangan dan kaki terbentuk. Kerangka bayi yang tadinya tulang rawan, sekarang berubah menjadi tulang sejati.

Usia Kehamilan 10 Minggu

Yang terjadi Pada ibu hamil 10 Minggu
Anda mungkin menemukan bahwa pakaian Anda semakin ketat di sekitar pinggang dan payudara. Perut Anda mungkin terlihat lebih besar, tetapi pada tahap ini sering disebabkan oleh perubahan dalam usus (bukan rahim Anda bertambah besar) dan tidak perlu khawatir. Rahim anda sekarang
sekitar seukuran buah jeruk dan masih tersembunyi di dalam panggul.

Janin Usia Kehamilan 10 Minggu
Janin beukuran sekitar 2,5 cm, sudah memiliki jari-jari tangan dan kaki.

Perkembangan Janin Trimester Pertama

Perkembangan Janin Trimester Pertama

Usia Kehamilan 11 Minggu

Yang terjadi Pada ibu hamil 11 Minggu
Beberapa wanita menemukan bahwa sembelit adalah masalah selama kehamilan. Hormon kehamilan akan membuat usus rileks, yang berarti bahwa gerakan usus menjadi lambat. Perbanyak makan serat  dan minum banyak air biasanya akan membantu. Jika Anda masih mengalami masalah, konsultasikan dengan dokter, bidan atau apoteker mengenai obat pencahar yang cocok untuk ibu hamil.

Janin Usia Kehamilan 11 Minggu
Organ dalam bayi Anda sekarang semua terbentuk termasuk indung telur atau testis.

Usia Kehamilan 12 Minggu

Yang terjadi Pada ibu hamil 12 Minggu
Masalah morning sickness sedikit berkurang dan rasa lelahpun berkurang. Rahim terus tumbuh dan lebih tinggi dari panggul.

Janin Usia Kehamilan 12 Minggu
Kepala janin menjadi lebih bulat dan kelopak mata telah terbentuk dan menutupi bola mata. Anda masih belum bisa merasakannya, tapi bayi Anda bergerak terus-menerus dalam cairan ketuban.

Pada tahap ini detak jantung janin dapat didengar dengan detektor jantung janin.

2 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer