Cara Menggunakan Test Pack, Alat Tes Kehamilan

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kehamilan, beberapa diantaranya yaitu dengan pemeriksaan USG yang dapat melihat janin secara langsung, pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar HCG darah, dan pemeriksaan urin untuk untuk mengetahui kadar HCG urin dengan menggunakan test pack.

Menggunakan tespek atau test pack merupakan cara untuk mengetahui kehamilan yang paling mudah dilakukan karena ibu hamil bisa melakukannya sendiri di rumah. Alat tes kehamilan ini juga mudah didapatkan dan dapat ditemukan di semua apotik dengan harga test pack yang berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 60.000. Alat ini mempunyai hasil yang cukup akurat untuk mendeteksi kehamilan dengan tingkat akurasi sebesar 97%. Pada artikel kali ini kita akan membahas cara menggunakan  dan bagaimana pembacaan hasil test pack .

cara menggunakan test pack

ibu ini berhasil menggunakan test pack

Test pack dapat mengetahui kehamilan dengan cara mendeteksi kandungan hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam urin. Sel telur akan memproduksi hCG setelah mengalami pembuahan dan menempel pada dinding rahim. hCG pada umumnya sudah dapat dideteksi dengan menggunakan tespek pada waktu 1 hingga 2 minggu setelah pembuahan.

Cara Menggunakan Test Pack

Sebelum anda menggunakan test pack pastikan anda membaca terlebih dahulu petunjuk penggunaan test pack yang disertakan oleh produsen di dalam kemasan. Penggunaan test pack yang benar sebaiknya memperhatikan beberapa langkah yang meliputi persiapan, penggunaan, dan pembacaan hasil.

Pada saat pesiapan yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan alat dan kenyamanan diri anda. Alat yang harus disiapkan antara lain wadah atau gelas untuk menampung urin dan tes pack sesuai pilihan anda masing-masing, periksa tanggal kadaluarsa, jika masih bagus buka dan siapkan test pack. Demi kenyamanan anda sebaiknya melakukan pemeriksaan di kamar mandi atau toilet.

Pada saat penggunaan, test pack sebaiknya dicelupkan atau dikenakan pada urin selama kurang lebih 10 sampai 15 detik, kemudian didiamkan dengan bagian tes berada diatas agar tidak terkena basah atau cairan lainnya. Sesuai petunjuk penggunaannya, cara penggunaan test pack dapat berbeda – beda antara produsen. Cara menggunakan test pack tersebut antara lain:

  1. Test pack digunakan langsung pada saat buang air kecil dengan cara memegang test pack dan mengarahkannya pada aliran urin sehingga bagian yang lebih lancip terkena aliran urin
  2. Test pack digunakan dengan cara mencelupkan ke dalam urin yang telah ditampung dalam wadah dengan ujung lancip test pack atau yang bertanda khusus berada dibagian bawah.
  3. Test pack digunakan dengan cara meneteskan urin yang telah di tampung dalam wadah menggunakan pipet yang disertakan pada paket tespeknya.

Pembacaan hasil test pack dapat terlihat dalam waktu yang berbeda -beda. Beberapa merek menyebutkan perbedaan waktu dalam menunggu hasil test pack bisa mencapai 5 sampai 10 menit, namun secara umum hasil tes sudah bisa dilihat setelah 2 menit penggunaan.

Pembacaan Hasil Test Pack

Test pack negatif adalah apabila pengujian tes hamil menggunakan test pack hanya menunjukan satu garis yang berarti anda tidak hamil. Satu garis itu sebenarnya adalah garis kontrol yang biasanya disertai dengan indikator simbol huruf C yang menunjukan bahwa penggunaan anda sudah benar namun pada garis kedua tidak muncul karena pada urine anda tidak terdapat adanya hormon kehamilan hCG. Jika garis control tidak muncul yang artinya tidak ada garis sama sekali, menunjukan penggunaan anda salah dan harus anda ulang dengan cara yang benar untuk mengetahui hasil tes hamil anda.

Test pack positif adalah apabila pengujian tes hamil menggunakan test pack menunjukan dua garis jelas yang berarti 97% anda sedang hamil muda. Adakalanya garis dapat tampak samar-samar atau tidak jelas dan berwarna kurang terang atau tidak tegas. Tidak penting garis tampak jelas atau tidak, yang penting adalah Jika 2 garis maka anda sedang hamil. Untuk memastikan kembali sebaiknya lakukan tes kehamilan kembali setelah 7 hari berikutnya, atau anda bisa ke menemui dokter atau bidan untuk uji kembali.

Lebih lengkap silahkan baca: Membaca Hasil Tespek Positif, Negatif, Samar

Demikianlah, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer