Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Jika sebelumnya telah saya bahas mengenai Pantangan makanan bagi ibu hamil maka sebagai penyeimbang akan saya bahas mengenai Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang sangat dianjurkan.

Diet sehat atau pola makan sehat adalah bagian penting dari gaya hidup sehat setiap saat, tetapi akan lebih  penting lagi jika sedang hamil atau merencanakan kehamilan. Makanan sehat untuk ibu hamil akan membantu bayi tumbuh dan berkembang dengan optimal, dan akan membuat ibu hamil tetap sehat.

makanan sehat untuk ibu hamil

ilustrsai: makanan sehat untuk ibu hamil

Perlu diperhatikan bahwa ibu hamil tidak perlu melakukan diet khusus, tetapi makanlah berbagai makanan yang berbeda setiap hari untuk mendapatkan keseimbangan nutrisi yang ibu hamil dan janin butuhkan. Nutrisi yang berupa vitamin dan mineral memang bisa didapatkan dari makanan yang Anda makan sehari-hari tetapi ketika sedang hamil Anda juga perlu mengambil beberapa suplemen untuk memastikan bahwa semua nutrisi yang dibutuhkan dapat terpenuhi. Disamping itu ibu hamil juga harus menghindari makanan tertentu dalam kehamilan: lihat Pantangan Makanan Ibu hamil.

Berikut Makanan Sehat untuk ibu hamil.

  • Makan berbagai makanan untuk mendapatkan semua nutrisi yang ibu hamil butuhkan. Porsi harian yang disarankan meliputi 6-11 porsi roti dan biji-bijian, dua sampai empat porsi buah, empat atau lebih porsi sayuran, empat porsi produk susu, dan tiga porsi sumber protein (daging, unggas, ikan, telur atau kacang-kacangan) .
  • Pilih makanan tinggi serat seperti roti gandum, sereal, pasta, nasi, buah-buahan, dan sayuran.
  • Pastikan Ibu hamil mendapatkan cukup vitamin dan mineral dalam diet harian saat hamil. Ibu hamil harus mengkonsumsi suplemen vitamin prenatal untuk memastikan¬† bahwa ia mendapatkan cukup vitamin dan mineral setiap hari secara konsisten.
  • Makan dan minum setidaknya empat porsi produk susu dan makanan kaya kalsium sehari untuk membantu memastikan bahwa Ibu hamil memperoleh 1000-1300 mg kalsium dalam diet harian selama kehamilan.
  • Makanlah setidaknya tiga porsi makanan kaya zat besi per hari untuk memastikan Ibu hamil mendapatkan 27 mg zat besi setiap hari.
  • Pilih setidaknya satu sumber vitamin C setiap hari, seperti jeruk, anggur, stroberi, melon, pepaya, brokoli, kembang kol, kubis, paprika hijau, tomat, dan sawi. Ibu hamil membutuhkan 70 mg vitamin C per hari.
  • Pilih setidaknya satu sumber asam folat setiap hari, seperti sayuran berdaun hijau gelap, dan kacang-kacangan (kacang lima, kacang hitam, kacang polong dan buncis). Setiap wanita hamil membutuhkan setidaknya 0,4 mg asam folat per hari untuk membantu mencegah cacat janin berupa caat tabung saraf seperti spina bifida.
  • Pilih setidaknya satu sumber vitamin A setiap hari. Sumber vitamin A adalah wortel, labu, ubi jalar, bayam, labu air, lobak, bit hijau, aprikot, dan melon.

Sekian Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Anda bebas berkreasi menyajikan jenis makanan tersebut sesuai selera.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer