Kapan Masa Subur Wanita Setelah Haid?

Banyak wanita atau pasangan suami istri ingin mengetahui kapan terjadinya masa subur wanita setelah haid, hal ini di rasa penting karena sebagai acuan untuk merencanakan apakah ingin cepat mendapatkan momongan atau ingin menundanya dengan metode KB Alami.

Masa subur adalah suatu masa yang terdapat di dalam siklus haid wanita dimana pada saat itu terdapat sel telur yang matang dan siap dibuahi oleh sel sperma. Apabila seorang wanita melakukan hubungan suami istri pada saat masa subur maka kemungkinan untuk terjadi kehamilan akan sangat besar. Baca juga: Fakta Menarik Masa Subur Pria

masa subur setelah haid

Bagaimana cara menentukan masa subur wanita?

Faktanya, masa subur pada wanita tidak bisa kita sama ratakan, artinya akan bisa berbeda antara satu dengan yang lain, hal ini karena setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda pula antar individu. Sebagai patokan, umumnya wanita mempuyai siklus haid yang berulang dengan kisaran waktu 21 – 35 hari dengan rata-rata normalnya 28 hari sekali.

Untuk menghitung masa subur wanita sebenarnya tidak telalu sulit hanya saja memerlukan ketelitian dan kesabaran agar memperoleh hasil maksimal dan untuk dapat menentukan masa subur wanita setelah haid dengan tepat diperlukan pengamatan sedikitnya enam kali siklus haid untuk menentukan apakah siklus haidnya teratur atau tidak teratur.

Pada satu siklus haid, wanita mengalami ovulasi (masa subur) hanya satu kali, dan biasanya masa subur terjadi beberapa hari setelah haid dan pada hari ke 14 sebelum haid berikutnya. Lebih lanjut, berikut penjelasan cara menghitung masa subur wanita setelah haid:

Masa Subur Pada Wanita dengan Siklus Haid Teratur

Masa subur wanita akan mudah diketahui apabila siklus haid setiap bulan lancar dan teratur. Beberapa ahli berpendapat bahwa siklus haid normal adalah 28 hari. Dengan menghitung hari pertama haid dalam siklus sebagai hari ke-1 dan hari pertengahan siklus haid sebagai hari ke-14, maka masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke-16 dalam siklus haid. Karena sel sp*rm4 dapat hidup dalam waktu 48 -72 jam maka masa prasubur adalah hari ke-11 yaitu 3 hari sebelum hari ke-14 dan hari ke-17 yaitu 3 hari setelah hari ke -14. Jadi masa subur setelah haid terjadi pada hari ke-11 hingga hari ke-17 dalam siklus haid yang normal.

Contohnya begini:

Seorang isteri yang mempunyai siklus haid teratur mengalami haid pertama pada tanggal 5 November. Tanggal 5 November ini dihitung sebagai hari ke-1, tanggal 15 November dihitung sebagai hari ke-11, Tanggal 21 November dihitung sebagai hari ke-17. Jadi masa suburnya adalah sejak tanggal 15 November hingga tanggal 21 November.

Masa Subur Wanita dengan Siklus Haid Tidak Teratur

Masa subur akan sulit diketahui apabila siklus haid setiap bulan tidak teratur. Sebelum melakukan penghitungan masa subur, harus terlebih dahulu melakukan pencatatan jumlah hari pada siklus haid, sedikitnya memerlukan pegamatan terhadap enam kali siklus haid. Satu siklus haid dihitung sejak hari pertama haid sekarang hingga satu hari sebelum hari pertama haid berikutnya, catatlah jumlah hari pada siklus haid terpendek dan jumlah hari pada siklus haid terpanjangnya. Kemudian jumlah hari pada siklus haid terpendek di dalam enam kali siklus haid dikurangi 18 untuk menentukan hari pertama masa subur dan jumlah hari pada siklus haid terpanjang di dalam enam kali siklus haid dikurangi 11 untuk menentukan hari terakhir masa subur.

Contohnya begini:

Seorang isteri yang mempunyai siklus haid tidak teratur, dengan jumlah hari pada siklus haid terpendek selama 25 hari dan jumlah hari pada siklus haid terpanjang selama 33 hari. Hari pertama masa subur adalah 25 – 18 yaitu pada hari ke-7 dan hari terakhir masa subur adalah 33 – 11 yaitu pada hari ke-22. Jadi masa subur setelah haid terjadi sejak hari ke-7 sampai hari ke-22 dalam siklus haid.

Anda juga bisa menggunakan Kalkulator Masa Subur Wanita

Pada saat masa subur ini suami isteri sangat dianjurkan untuk melakukan ‘hubungan’ apabila mereka menginginkan kehamilan, dan tidak boleh melakukan hubungan (pantang berkala), atau memakai kondom atau melakukan senggama terputus apabila mereka ingin menundanya, inilah yang dikenal sebagai metode KB alami.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer